SKK-Migas PetroChina Serahkan Bantuan Program TJS ke Pemkab Tanjabtim

Penulis : Tim Liputan || Editor : Redaksi

INFOJAMBI.COM – SKK Migas – PetroChina International Jabung Ltd menggelar acara serah terima bantuan Program Tanggung Jawab Sosial (TJS) Tahun Anggaran 2019 ke Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), di Desa Pandan Sejahtera, Kecamatan Geragai, Selasa (3/3/2020).

Kegiatan acara serah terima Program TJS tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Perwakilan SKK Migas Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel), Adiyanto Agus Handoyo dan V.P Human Resources dan Relations PetroChina International Ltd, Dencio Renato Boele kepada Bupati Tanjabtim, H. Romi Hariyanto, SE.

Pada kesempatan itu, hadir juga Wakil Bupati Tanjabtim, H. Robby Nahliyansyah, SH, Ketua DPRD Tanjabtim, Mahrup beserta Anggota, sejumlah Kepala OPD lingkup Pemkab Tanjabtim, Camat Geragai, Suwandi, Kades dan Lurah se Kecamatan Geragai serta para tamu undangan yang hadir.

V.P Human Resources and Relations PetroChina International Jabung Ltd, Dencio Renato Boele dalam sambutannya menyampaikan, ada 16 program TJS PetroChina International Jabung Ltd dari berbagai bidang yang diserahkan, termasuk 2 unit Perpustakaan, pengembangan budidaya magot, renovasi 2 unit PAUD, fasilitas filtrasi air bersih, pembangunan 8 unit TPS dan dukungan program pemerintah VB lainnya seperti gerakan hidup sehat masyarakat.

“Kami juga bangga dapat turut meningkatkan kapasitas masyarakat melalui berbagai program pelatihan bagi komunitas pengrajin batik dan tenaga pendidik serta pemberian beasiswa siswa kurang mampu dan yang berprestasi di Tanjabtim,” katanya.

Selain menggunakan dana TJS perusahaan, karyawan-karyawan PetroChina mendukung gerakan literasi disini. Pembangunan perpustakaan Desa Pandan Makmur dan Kelurahan Simpang Tuan memang menggunakan dana SKK-Migas PetroChina International Jabung Ltd, namun koleksi bukunya dibeli melalui donasi dari para karyawan PetroChina.

“Kami berharap, peran PetroChina dalam pembangunan akan terus berkembang dari tahun ke tahun. Keberhasilan program TJS dan kesuksesan operasi PetroChina di Kabupaten Tanjabtim tidak terlepas dari peran pemerintah dan masyarakat,” sebutnya.

Sementara, Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagsel, Adiyanto Agus Handoyo menyampaikan, bahwa program TJS ini merupakan komitmen sebagai bagian tanggung jawab sosial dari PetroChina dengan Pemerintah Daerah Tanjabtim dan masyarakat sekitar wilayah kerja.

Adiyanto Agus Handoyo menerangkan, ada 16 program bantuan dari SKK Migas PetroChina untuk diserahkan kepada masyarakat Kabupaten Tanjabtim. Tentunya banyak juga program-program lainnya yang sudah direncanakan untuk kedepannya.

“SKK Migas melalui kontraktor kerjasama dan melalui badan usaha lainnya, tentu berkomitmen untuk mendukung program-program yang sudah direncanakan oleh Pemerintah Kabupaten. Diharapkan dengan adanya program-program ini, pembangunan di Tanjabtim dapat terlaksana. Semuanya itu demi kebersamaan dan kemaslahatan masyarakat,” terangnya.

Dia mengungkapkan, kiranya kerjasama yang sudah terjalin antara SKK Migas dan PetroChina International Jabung Ltd dengan dukungan seluruhnya dari Kabupaten Tanjabtim, Polres dan Dandim untuk membawa operasi Migas ini menjadi semakin membaik, dan masyarakat bisa merasakan manfaatnya seperti saat ini.

Bupati Tanjabtim, H. Romi Hariyanto, SE mengatakan, bahwa SKK Migas dan PetroChina International Jabung Ltd bersama Pemkab Tanjabtim selama ini sudah bekerjasama. Ia berharap, SKK Migas dan PetrChina International Jabung Ltd kedepan bisa berbuat lebih banyak lagi untuk masyarakat Kabupaten Tanjabtim.

“Saya ucapkan terima kasih banyak telah membantu dan mengakomodir keinginan Pemerintah Daerah dan masyarakat Tanjabtim,” katanya.

Selain itu, Bupati juga mengucapkan terima kasih atas pembangunan jalan sepanjang 3 Km, dari Kecamatan Geragai menuju Kecamatan Mendahara Ilir. Tentu pembangunan jalan tersebut tidak bisa dilakukan sekaligus, namun Ia berharap pihak PetroChina bisa melanjutkan pembangun jalan tersebut sampai tuntas.

“Saya ingin ada MoU khusus antara Pemda Tanjabtim dengan SKK Migas dan PetroChina International Jabung Ltd. Dalam MoU khusus itu, saya minta jalan dari Geragai menuju Mendahara Ilir harus murni menjadi tanggung jawab pihak SKK Migas dan PetroChina International Jabung Ltd,” pintanya.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara serah terima program TJS SKK Migas dan PetroChina International Jabung Ltd. Kemudian dilanjutkan dengan penandatangan prasasti sebagai simbolik serah terima program TJS PetroChina International Jabung Ltd kepada Pemkab Tanjabtim berupa rumah produksi kompos, rumah budidaya magot dan Sekretariat Kelompok Tani Karya Muda serta pembagunan Perpusatakaan Desa Pandan Makmur dan Kelurahan Simpang Tuan.

Usai acara serah terima, kegiatan dilanjutkan dengan peresmian Perpustakaan Desa Pandan Makmur, Kecamatan Geragai oleh Bupati Tanjabtim, H. Romi Hariyanto, SE.***

Kategori Lensa

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.