Gebyar Akhir Tahun SKK Migas – KKKS – FJM Jambi, dari UKW hingga Media Kompetisi

Peserta UKW tingkat utama yang lulus menerima sertifikat dari penguji LPDS, Kamis (16/12/2021) di Hotel BW Luxury, Kota Jambi || poto : PM||

INFOJAMBI.COM – Akhir tahun 2021, SKK Migas, KKKS, dan FJM Provinsi Jambi menutup dengan indah dan bermanfaat. Berbagai kegiatan digelar, mulai dari kampanye media, pembagian sembako, Uji Kompetensi Wartawan (UKW), dan ditutup dengan media kompetisi.

“Semua kegiatan tersebut bentuk sinergitas antara wartawan yang tergabung dalam FJM dengan SKK Migas dan KKKS. Bermitra yang profesional,” ujar Ketua Forum Jurnalis Migas (FJM) Provinsi Jambi, Mursyid Sonsang.

Kepala Departemen Humas SKK Migas Sumbagsel, Andi Arie Pangeran mengatakan, di masa pandemi covid-19 yang masih berlangsung saat ini, peran media cukup strategis dalam menyampaikan informasi, serta mengedukasi mengenai pencegahan penyebaran covid-19 kepada masyarakat.

Selain itu, berbagai kegiatan yang digelar juga merupakan forum silaturahmi SKK Migas dan KKKS dengan wartawan.

“Jurnalis atau wartawan adalah mitra yang selama ini terus memberi dukungan bagi industri hulu migas untuk kelancaran operasi, dengan pemberitaan yang benar, sesuai data dan informasi terkait operasional kami. Diharapkan sinergi dengan FJM Jambi memberi manfaat positif atas program-program yang telah dijalankan pada tahun 2021,” ujarnya.

Aap, demikian dia biasa disapa, berharap dengan segala keterbatasan yang ada saat pandemi ini melahirkan banyak terobosan dalam pelaksanaan program yang dicanangkan, terutama realisasinya.

Dengan kondisi yang ada saat ini, program 2021 berjalan sangat baik dan tetap terlaksana. SKK Migas bersama KKKS tetap komitmen menyelenggarakan program, dengan mengedepankan keselamatan dan kesehatan, guna mengantisipasi penyebaran covid-19.

“Kami sangat menghargai seluruh pihak, khususnya KKKS dan FJM, yang dengan segala upaya dan pemahaman atas segala kondisi yang ada di lingkungan hulu migas, hingga seluruh kegiatan dapat tetap berjalan baik,” ungkap Aap.

Menurut Aap, sudah tiga tahun SKK Migas mempertahankan sertifikat SNI 37001, terkait Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP). Agenda-agenda yang berjalan bersama SKK Migas dan KKKS tetap mengedepankan good governance dan prinsip efisiensi.

Aap menambahkan, SKK Migas dan KKKS sangat menjaga komitmen membantu meningkatkan pengetahuan dan kualitas wartawan. Mereka menyadari pentingnya keterlibatan dan kontribusi media massa mendukung berbagai kegiatan hulu migas.

“Sebanyak apapun hal yang dilakukan, tidak akan ada apa-apanya tanpa bantuan dan sinergi rekan-rekan media. Kami sangat paham, sinergi antara KKKS, mitra kerja kami dan media harus selalu dipupuk,” kata Aap.

SKK Migas dan KKKS merasa bertanggung jawab untuk ikut terus berupaya meningkatkan hubungan yang baik antara kedua belah pihak, sehingga kegiatan semacam ini sangat tepat dilaksanakan untuk mewujudkan hal itu.

Aap berharap ke depan wartawan terus berkoordinasi dan menjalin tali silaturahmi yang baik dengan SKK Migas dan KKKS. Selain menjalankan yang sudah ada, bersama-sama pula membuat terobosan-terobosan yang dapat memberi manfaat bagi semua, dalam kerangka hubungan saling bermanfaat dan sesuai koridor untuk kebaikan semua.

“Semoga kita semua selalu diberi kesehatan di masa pandemi ini, agar bisa terus memberi kontribusi terbaik bagi dunia jurnalistik, khususnya di Jambi,” tegasnya.

Sekretaris FJM Provinsi Jambi, M Surtan menjelaskan, tahun 2021, FJM Provinsi Jambi mengadakan sejumlah kegiatan yang diperuntukkan bagi media anggota FJM.

Kegiatan itu adalah kampanye media, Uji Kompetensi Wartawan (UKW), bantuan sembako, dan media kompetisi atau lomba karya jurnalistik.

KAMPANYE MEDIA

Kampanye media merupakan program pemberitaan terkait aktivitas SKK Migas dan KKKS. Pemberitaan ini dimuat di 52 media anggota FJM, baik televisi, cetak, radio maupun online. Kampanye media dilakukan satu bulan, dari 8 November hingga 8 Desember 2021 sebanyak lima pemberitaan setiap media.

UJI KOMPETENSI WARTAWAN

Sedangkan UKW, diikuti 18 peserta yang terbagi atas empat kelas, yakni satu kelas utama, satu kelas madya dan dua kelas muda. Sebagai penguji, FJM menggandeng Lembaga Pers Doktor Sutomo (LPDS).

UKW diadakan tanggal 14 – 16 Desember 2021, diawali dengan pelatihan jurnalistik, di BW Luxury Hotel, Kota Jambi. Dalam pelaksanaan UKW, 17 peserta dinyatakan kompeten, dan satu orang belum kompeten.

BANTUAN SEMBAKO
Untuk bantuan sembako, disalurkan sebanyak 60 paket untuk pengurus dan anggota FJM Jambi. Bantuan diserahkan pada pembukaan Pelatihan Jurnalistik dan UKW, Selasa (14/12/2021).

Sembako diterima secara simbolis oleh Ketua FJM Provinsi Jambi, Mursyid Sonsang, dari Yulian, selaku Community Development Supervisor (Comdev Supv) PetroChina International Jabung Ltd.

Paket sembako yang diberikan terdiri dari 10 kg beras, gula pasir 4 kg, minyak goreng 4 liter, kopi 200 gram, teh 1 kotak, masker bedah 50 pcs, dan hand sanitizer 500 ml.

MEDIA KOMPETISI
Sementara itu, media kompetisi diikuti anggota FJM Jambi yang pengumuman pemenangnya dilakukan Kamis (16/12/2021) sore. Para pemenang diumumkan oleh Kepala Departemen Humas SKK Migas Sumbagsel, Andi Arie Pangeran, bersamaan dengan penutupan UKW.

Adapun pemenangnya, juara 1 Ahmad Riki dari KilasJambi.com dengan tulisan “Ancaman Illegal Drilling : Merusak Lapisan Tanah untuk Keberlanjutan Lingkungan Hidup, juara 2 Ramadhani dari Infojambi.com (“Butuh Keseriusan Pemerintah Basmi Illegal Drilling”), juara 3 Muhammad Hanapi dari jambi.antaranews.com (“Rusaknya sumber air bersih karena penambangan minyak illegal”), juara 4 Maas dari MediaJambi.com (“Simalakama Penanganan Ilegal Driling”) dan Rifky Romadhoni dari Infojambi.com (“Illegal Drilling Ancam Primadona APBN”).

Program Kerja 2021 FJM didukung penuh oleh SKK Migas Perwakilan Sumbagsel dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Wilayah Jambi, di antaranya PetroChina International Jabung Ltd, Pertamina Hulu Rokan Region 1 Zona 1 Jambi Field, Jindi South Jambi B Co Ltd, Repsol Sakakemang BV, MontD’Or Oil Tungkal Ltd, Jadestone Energy (Lemang) Pte Ltd, dan Seleraya Merangin Dua.

Manajer Komunikasi PetroChina International Jabung Ltd, Ginandjar, berterima kasih kepada insan pers Jambi yang telah menjalin kerja sama yang baik dan harmonis dengan PetroChina dan SKK Migas selama ini, tanpa mengenyampingkan fungsi dan peranan pers sebagai kontrol sosial.

“Kami bersyukur, di tengah pandemi covid-19 yang hampir dua tahun, PetroChina masih dapat menjalankan sejumlah program bersama rekan-rekan wartawan di Jambi. Khusus penanggulangan dampak covid-19, PetroChina mendistribusikan bantuan sembako untuk rekan-rekan pers. Dampak Covid dialami sebagian besar masyarakat di Jambi, tak terkecuali rekan-rekan pers,” ungkapnya.

Menurut Ginandjar, di tengah keterbatasan ruang gerak akibat covid-19, PetroChina dan insan pers sangat bersyukur masih dapat merealisasikan semua program yang telah direncanakan, dengan tetap menjaga kepatuhan pada protokol kesehatan.

“Kampanye media dan media kompetisi menjadi agenda rutin tahunan PetroChina dan insan pers, dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar. Begitu juga program UKW, meski sempat tertunda beberapa bulan, akhirnya dapat dilaksanakan menjelang tutup tahun. Bagi kami UKW sangat penting untuk meningkatkan profesionalisme wartawan,” ujar Ginandjar.

Penulis : Tim FJM Jambi

Kategori Lensa

Tags: ,,,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.