SMA 5 Direvitalisasi, Jambi Bakal Punya Generasi Kreatif Berdaya Saing Tinggi

Penulis : Tim Liputan | Editor : Dodik

Hari Nurcahya Murni di SMAN 5 Jambi | foto : novriansyah

INFOJAMBI.COM – Pemerintah Provinsi Jambi meluncurkan program entrepreneur muda. Dalam program ini Pemprov Jambi merevitalisasi SMA Negeri 5 Kota Jambi.

Tujuan revitalisasi itu untuk menciptakan generasi kreatif dan berdaya saing tinggi. Peluncurannya dilakukan oleh Pj Gubernur Jambi, DR Hari Nur Cahya Murni, di aula SMAN 5 Kota Jambi.

Program revitalisasi SMAN 5 ini bekerja sama dengan Universitas Batanghari. Hasilnya dirumuskan oleh Bappeda Provinsi Jambi dan instansi terkait lainnya.

Program ini diisi dengan sebelas kegiatan. Dengan program ini diharapkan dapat menumbuhkan kemampuan generasi muda untuk berjiwa kewirausahaan.

Hadir pada acara peluncuran, Asisten I Setda Provinsi Jambi Apani Saharuddin, Rektor Unbari H Fachruddin Razi, Kepala SMA/SMK se-Kota Jambi, dan OPD terkait.

Sebelas program revitalisasi yang dilakukan di SMAN 5 adalah pelatihan barista, fotografi, batik Jambi dan handicraft, film pendek, coding and programmer, content creative, public speaking, make up artist, tour guide, kreasi masakan Jambi, dan digital marketing.

Hari menjelaskan, kewirausahaan telah menjadi topik hangat dalam diskusi di berbagai kalangan, mulai dari akademisi, pembuat kebijakan hingga pelaku usaha.

“Kita sangat menyayangkan banyak anak-anak muda tidak memiliki skill ketika lulus SMA. Itulah makanya Pemprov Jambi menjadikan SMAN 5 sebagai role model sekolah pencetak kewirausahaan di Provinsi Jambi,” ujarnya.

Hari yang akrab disapa Nunung memberi apresiasi kepada Universitas Batanghari (Unbari) yang membantu mendorong penciptaan entrepreneur muda di kalangan sekolah menengah atas, sekaligus membantu pemerintah mendorong pembangunan ekonomi.

“Ini merupakan suatu upaya mendorong penumbuhkembangan wirausaha muda di Jambi, sehingga dapat menciptakan pusat ekonomi baru di daerah, dan berperan dalam pertumbuhan ekonomi nasional,” jelasnya.

Kepala Bappeda Provinsi Jambi, Doni Iskandar menyatakan, program ini adalah pesan khusus dari Pj Gubernur untuk kemajuan dunia pendidikan di Provinsi Jambi.

“Kedepan tidak hanya SMAN 5 yang dijadikan pilot project. Nanti harus sama di sekolah-sekolah lain . Kami sudah merumuskan sistem penganggaran pemerintah, tidak mengubah struktur APBD, tapi melibatkan seluruh dinas terkait,” ujar Doni.

Rektor Unbari, Fachruddin Razi , sangat mengapresiasi ide dan gagasan Pj Gubernur Jambi ini. Universitas Batanghari akan bekerjasama membina anak-anak SMA menjadi generasi muda berkeahlian, kreatif dan berdaya saing.

”Tahun pertama kita harap dapat meningkatkan penguasaan tujuan program dengan cara praktek, magang, dan menambah variasi program bagian yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar,” papar Fachruddin. (MR)

Kategori Pendidikan

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.