SMSI Jambi: Tugu Keris Siginjai Menambah Ikon Kota Jambi

Design Tugu Keris Siginjai

KOTAJAMBI — Pembangunan Tugu Keris Siginjai di bundaran Kota Baru, Kota Jambi menimbulkan polemik. Pro kontra muncul karena ada isu Tugu Monas Kota Baru akan dihancurkan, diganti dengan Tugu Keris Siginjai.

Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Jambi, H Matlawan Hasibuan menilai, tidak ada yang salah dalam pembangunan tugu ini. Pembangunan Tugu Keris Siginjai justeru menambah daftar ikon Kota Jambi.

“Saya lihat dari sisi positifnya. Tugu Keris Siginjai akan menjadi salah satu ikon Kota Jambi. Tidak ada yang salah dalam pembangunan ini,” kata Matlawan.

Selain itu, Matlawan melihat dari nilai estetika yang akan mempercantik kawasan Kota Baru. “Design Tugu Keris Siginjai sangat bagus. Ada nilai sejarah, budaya dan keindahan. Ini sangat ke-Jambi-an. Karakter Jambinya muncul,” sebutnya.


Matlawan menolak pembangunan tugu ini dianggap akan menghilangkan nilai sejarah. Sebaliknya, Tugu Jam dibangun tujuannya bukan untuk mengangkat nilai sejarah.

“Beda dengan Tugu Juang, itu jelas ada nilai sejarahnya. Contoh lain adalah tower air di Puncak, Jelutung. Jika dibongkar, akan menghilangkan nilai sejarahnya. Lebih baik dibugar saja. Tugu Jam dibangun jauh setelah Indonesia merdeka. Jadi jangan berlebihan,” tambahnya berapi-api.

Kata Matlawan, justeru yang menghilangkan nilai sejarah adalah gedung Putro Retno yang sudah dibongkar.

“Itu gedung Putro Retno dibongkar. Sudah jelas ada nilai sejarahnya. Kalau Tugu Jam saya belum pernah mendengar sejarahnya,” jelasnya.

Matlawan minta hal ini jangan dikaitkan dengan politik. “Bentuk dukungan hanya di pembangunan Tugu Keris Siginjai, bukan dukungan lain. Kita tahu ini menjelang Pilwako, jadi jangan dikaitkan ke politik,” tandasnya. (infojambi.com/*)

Kategori Wisata - Seni - Budaya

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.