SMSI Resmi Berdiri di Sumatera Barat

Mursyid Sonsang

PADANG — Sebagai Ketua Bidang Organisasi dan Daerah Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Pusat, H. Musryid Sonsang, tak hanya bangga, tapi juga senang dan puas dengan terbentuknya SMSI Sumatera Barat, yang dipimpin Yal Aziz, dengan sekretaris Novermal Yuska, Jumat (7/4).

“Sebagai anak nagari Sumatera Barat, banyak harapan dan keinginan saya dengan SMSI Sumbar ini,” kata Mursyid Sonsang, di Posko BOM, Jalan Siak Kawasan GOR H Agus Salim, Padang, Sumatera Barat.

Menurut Mursyid, dengan dipilihnya Sumatera Barat sebagai tuan rumah Hari Pers Nasional (HPN) 2018, bisa juga dimanfaatkan oleh SMSI untuk melaksanakan kongres pertama.

“Alasannya, Kota Padang atau Sumatera Barat akan menjadi pusat perhatian para wartawan, pengusaha koran dan pemilik portal berita online atau siber se-Indonesia,” kata alumni Lemhannas RI PPSA 18 Tahun 2012, rekan satu angkatan Kasad TNI Jendral Mulyono dan Irwasum Maber Polri Komjen Dwi Priyatno ini.

Menurut Mursyid, tujuan membentuk SMSI ini lebih untuk menganyomi, membimbing dan membina rekan-rekan pemilik media cyber atau portal berita online. “Kita di SMSI ingin media siber ini sehat dan bermartabat,” kata mantan wartawan Harian Singgalang yang kemudian besar di RCTI ini.

Tak kalah pentingnya, kata Mursyid, keberadaan media siber harus selalu menjunjung tinggi UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik. Dia berharap melalui media siber digalang kekuatan untuk menjaga dan membela keutuhan NKRI.

Putera Agam, Sumatera Barat ini menilai, keberadaan media siber atau online saat ini bagaikan cendawan tumbuh dengan beragam corak dan gaya. “Semoga keberadaan SMSI bisa mengajak dan membimbing pemilik media siber terhindar dari berita hoax, propokatif dan berita bernuansa memecah belah anak bangsa di NKRI,” ujar pemilik portal berita infojambi.com dan infojambi.tv ini.

Secara nasional, SMSI akan dideglarasikan pada 1 Mei 2017, di Jakarta, sebagai salah satu persyaratan untuk menjadi anggota Dewan Pers. “Target saya, sebelum 1 Mei2017 sudah terbentuk 30 SMSI di seluruh provinsi,” ujar Mursyid.

Struktur Kepengurusan SMSI Sumatera Barat :

Dewan Penasehat
Ketua : Basril Basyar
Sekretaris : Wistian Yutri
Anggota
S Budi Syukur
Herman Nasir
Rahmad Wartira
Rosman Muchtar
Danil Aswad

Dewan Pengurus Harian
Ketua Umum : Syahrial Aziz
Ketua Bidang Organisasi dan Daerah : Hendri Parjiga
Ketua Bidang Pengawasan dan Penyehatan Usaha: Al Imran
Ketua Bidang Pendidikan, Pelatihan dan Riset: Jhon Edwar Roni
Ketua Bidang Hukum dan Arbitrase: Adrian Toswandi
Sekretaris Umum: Novermal Yuska
Wakil Sekretaris: Aci Indrawadi
Bendahara Umum: Muchni Muis (Simon)
Wakil Bendahara: Surya Sutan Sati Alam

Departemen-Departeman
Departemen Teknologi dan Informasi: Delfi Neski
Departemen Bidang Pengawasan dan Penyehatan Usaha: Aguswanto
Departemen Pendataan dan Verifikasi: Saribulih
Departemen Pengembangan Daerah: Almadi
Departemen Literasi Media:
Marjeni Rochalva
Tafrizal Chaniago
Yuharzi Yunus,
Agib Norman
Rhido Syarlinto
Departemen Komunikasi : Nasrul Azwar

(infojambi.com/***)

Kategori Pendidikan dan Iptek

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.