Sosialisasikan di Tebo, Warga Diperkenalkan dengan PK 21 dan Banggakencana

Penulis : Dodik

INFOJAMBI.COM — Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi bersama mitra kerjanya terus mensosialisasikan program Pendataan Keluarga 2021 (PK 21) dan pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana (banggakencana).

Kegiatan PK 21 yang dimulai 1 April 2021 juga dilaksanakan di Kabupaten Tebo, Jambi. Hari Minggu, 18 April lalu, sosialisasi dilaksanakan di Desa Pesajian dan Desa Kandang, Kecamatan Tebo Tengah.

Hadir Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi, Munawar Ibrahim S.Kp MPH, dan anggota DPR RI, H Zulfikar Achmad. Dalam sosialisasi itu, Munawar Ibrahim menyampaikan materi mewakili Plt Deputi Bidang ADPIN BKKBN, DR Ir Dwi Listyawardani M.Sc Dip.Com.

Munawar menyebutkan, pendataan keluarga dilaksanakan oleh petugas khusus dari unsur pemerintah dan masyarakat, yakni petugas lini lapangan KB dan kader KB terlatih. Petugas diambil dari lingkungan RT/RW tempat tinggal petugas itu.

PK 21 dilaksanakan serentak di Indonesia, dari tanggal 1 April sampai 31 Mei 2021. Dalam pendataan ini petugas mendatangi keluarga langsung door to door. Pengumpulan data menggunakan metode formulir dan smartphone.

Pendataan keluarga merupakan pengumpulan data primer tentang data kependudukan, keluarga berancana, pembangunan kaluarga dan data anggota keluarga. Pendataan dilakukan oleh masyarakat bersama pemerintah.

Hasil pendataan akan berguna bagi pemerintah dalam menyediakan kebutuhan keluarga Indonesia, dalam perencanaan kehidupannya di berbagai aspek. Dengan begitu fungsi keluarga akan terjaga dengan baik.

“Melalui pendataan keluarga ini diharapkan terwujud Satu Data Keluarga Indonesia,” ujar Munawar.

BAJA JUGA : BKKBN dan Saniatul Sosialisasikan PK 2021 dan Banggakencana di Kerinci

Dalam kegiatan ini, anggota DPR RI, Zulfikar Achmad, didampingi Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi, Munawar Ibrahim, menyerahkan bantuan kepada warga peserta sosialisasi. ***

Kategori Nasional

Tags: ,,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.