Spektakuler, Puluhan Ribu Orang Ikuti Maraton Tanah Pilih 10K dan Color Run, Fasha dan Bima Arya Turun 

INFOJAMBI.COM – Komitmen Wali Kota Jambi DR. H. Syarif Fasha, ME, menjadikan Tanah Pilih Pusako Batuah sebagai tempat yang aman dan nyaman yang diikuti dengan penyediaan infrastruktur dan ruang fasilitasi berbagai kegiatan masyarakat patut mendapat apresiasi.

Wali Kota yang dikenal sukses membangun kota yang harmoni itu, terus memberikan ruang positif bagi ekspresi dan kreasi warganya. Setidaknya hal itu dibuktikan saat Wali Kota Syarif Fasha membuka secara resmi event olahraga atletik terbesar di Provinsi Jambi, Minggu (22/10).

Event bertajuk Maraton Tanah Pilih 10K dan Color Run Jambi Terkini yang digelar Pemerintah Kota Jambi melalui Dinas Pemuda dan Olahraga itu, berlangsung sukses. Kegiatan spektakuler yang dikemas secara apik dan menarik oleh jajaran Pemerintah Kota Jambi bekerjasama dengan KONI serta PASI Kota Jambi tersebut, mampu menjadi magnet bagi insan pecinta olahraga lari, khususnya atlet-atlet muda berbakat.

Gelaran yang diselenggarakan dalam rangka memperingati momentum Hari Sumpah Pemuda ke-89 tahun 2017 dan pencarian bakat olahraga prestasi itu, tidak hanya antusias diikuti peserta yang berasal dari dalam Provinsi Jambi, namun juga turut menyedot animo peserta dari berbagai wilayah di Indonesia, seperti Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Sumatera Utara, NTT, NTB, Kalimantan Timur, DKI, Jawa Barat dan Jawa Timur. Bahkan turut serta peserta dari mancanegara yaitu, Kenya, Afrika.

Eksistensi Kota Jambi dipentas nasional pun patut mendapat apresiasi melalui event tersebut, dengan mendapat kunjungan kehormatan yaitu dengan hadirnya secara khusus pecinta olahraga lari, Bima Arya Sugiarto yang tak lain adalah Wali Kota Bogor, yang turut didampingi beberapa runner (pelari-red) Kota Bogor. Sementara itu Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno, yang juga penggemar olahraga lari, yang semula dijadwalkan turut tampil pada event tersebut berhalangan hadir. Sandiaga Uno mengutus beberapa pelarinya untuk turut serta dalam lomba lari maraton Tanah Pilih 10K tersebut.

Setelah melepas di garis start, di Pedesterian Jomblo Kotabaru, Wali Kota Syarif Fasha tampak turut berlari sejauh 10 kilometer bersama Wali Kota Bogor Bima Arya dan beberapa pelari lainnya. Bima Arya yang tampil prima menjajal trex Tanah Pilih itu tampak tiba lebih dahulu di garis finish yang kemudian diikuti Syarif Fasha.

Bersamaan dengan Maraton 10K, Pemkot Jambi juga menggelar Color Run 3K. Olahraga lari sambil bersenang-senang dengan hiasan tepung warna-warni yang sedang booming dan sangat disukai oleh generasi muda kekinian itu dilepas Plt. Sekda Kota Jambi H. Obliyani, sesaat setelah pelepasan Maraton 10K.

Seluruh peserta pun tampak menikmati olahraga yang dikemas dengan konsep atraktif tersebut. Tampak kostum yang digunakan peserta Color Run 3K, menjadi penuh warna-warni. Raut wajah puas dan bahagiapun tampak terpancar. Seusai mencapai garis finish, para peserta Color Run yang didominasi oleh remaja dan orang dewasa tersebut, juga dimanjakan dengan berbagai hiburan musik DJ dan penampilan group band.

Tercatat lebih 20.000 orang peserta ambil bagian dalam event tersebut. Angka yang cukup fantastis untuk sebuah pergelaran olahraga itu terdiri dari 2.000 orang peserta lari 10K untuk kategori umum dan pelajar serta 18.000 lebih peserta Color Run yang didominasi kawula muda.

Untuk memeriahkan kegiatan tersebut, panitia juga telah menyiapkan berbagai hadiah dengan total senilai ratusan juta rupiah, yaitu berupa puluhan juta rupiah uang pembinaan dan medali untuk pemenang lari maraton 10K, serta berbagai hadiah menarik seperti sepeda motor, sepeda, TV, kulkas, mesin cuci serta hadiah doorprize menarik lainnya untuk event The Color Run.

Dalam sambutannya dihadapan puluhan ribu massa, Wali Kota Jambi Syarif Fasha menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya event akbar di Provinsi Jambi tersebut.

“Kegiatan ini telah lama kami agendakan, Alhamdulillah hari ini dapat terlaksana berkat partisipasi, dukungan berbagai pihak dan sponsor. Saya juga sangat mengapresiasi masyarakat yang tetap semangat mengikuti kegiatan ini hingga digaris finish ini, walaupun basah akibat turun hujan. Selain bermanfaat bagi kesehatan, menghibur dan mempersatukan masyarakat, kegiatan ini juga diharapkan dapat melahirkan atlet-atlet lari handal, dari Jambi untuk Indonesia. Insya Allah setiap tahun akan kami jadikan agenda rutin Pemkot Jambi, dan Insya Allah tahun depan kita targetkan untuk pecahkan rekor MURI dengan peserta terbanyak,” ujar Fasha.

Diakhir sambutannya, Fasha kembali mengutarakan komitmennya untuk terus memfasilitasi berbagai kegiatan positif di masyarakat termasuk kegiatan olahraga dan seni.

“Kami akan terus mengadakan berbagai kegiatan, baik seni, budaya, maupun olahraga. Kami laksanakam untuk seluruh masyarakat Kota Jambi. Kita ingin seluruh masyarakat kita hidup dalam kondisi sehat, gemar dan mencintai olahraga sebagai bagian dari life style (gaya hidup-red). Dengan tubuh yang sehat tentu akan memiliki jiwa yang sehat, optimis dan semangat membangun dan berkarya,” tambah Fasha.

Sebelumnya, ditempat yang sama, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, dalam sambutannya, secara khusus mengungkapkan kekagumannya atas partisipasi dan semangat masyarakat Jambi yang antusias mengikuti event tersebut.

“Saya sudah berpuluh kali menghadiri berbagai kegiatan perlombaan lari sejenis seperti ini, baru kali ini saya lihat antusias dan semangat yang luar biasa dari para peserta. Walaupun dalam kondisi sedikit hujan, masih tetap semangat berlari, berolahraga. Masyarakat Kota Jambi memang luar biasa,” ujarnya Bima Arya.

Tampil sebagai juara lari 10 K Kategori Umum Putra, Juara 1 Ridwan dari NTT (32,44.03 menit), Juara 2 Hamdan dari Sumbar (32,45.68), Juara 3 Udin Akbar (32,45.85). Kategori Umum Putri, Juara 1 Bayu Trianata (39,21.74) dari Sumbar, Juara 2 Ferlin (41,27.95) dari Kaltim, Juara 3 Fitri A (45,41.74) dari Sumbar. Untuk Kategori Pelajar Putra, Juara 1 M. Fazil (42,54.74) dari SMKN 2 Kota Jambi, Juara 2 Jafar (44,53.16) dari SMA N 10 Kota Jambi, Juara 3 Bima Juananda (45,30.32) dari SMKN 1 Kota Jambi. Kategori Pelajar Putri, Juara 1 Rensi (48,09.09) dari MAN 3 Kota Jambi, Juara 2 Febriyanti (52,59.00) dari SMA N 10 Kota Jambi dan Juara 3 Juwita (53,04.00) dari MTs Sijenjang. (***)

 

Kategori Kota Jambi,Olahraga

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.