Status Tanggap Darurat, Ribuan Rumah Warga Terendam Banjir

Penulis : Raden Soehoer || Editor : Wahyu Nugtoho

INFOJAMBI.COM – Debit air sungai Batanghari setiap hari mengalami peningkatan. Bahkan, Kabupaten Batanghari telah menetapkan status tanggap darurat bencana banjir. Ketinggian air sungai Batanghari saat ini telah merendam sedikitnya 1.209 unit rumah.

Plt Kepala BPBD kabupaten Batanghari Syar’i Saman, saat dikonfirmasi diruang kerjanya Rabu (6/5/2020) mengatakan bahwa, debit air sungai Batanghari terus naik.

“Setiap hari mengalami peningkatan. Apalagi sudah masuk musim hujan. Warga diminta waspada, karena bencana banjir telah merendam seribu lebih rumah warga,” kata Plt Kepala BPBD kabupaten Batanghari Syar’i Saman.

Disinggung apakah bantuan banjir dari Pemkab Batanghari sudah disalurkan kepada korban banjir? Syar’i Saman menjelaskan, untuk bantuan korban banjir segera disalurkan.

“Untuk Bantuan logistik korban banjir tinggal menunggu SK dari Pak Bupati. Terkait hal ini sudah diusulkan, mudah-mudahan dalam waktu dekat ini bantuan disalurkan,” ungkapnya.

Lebih jauh dikatakannya, untuk wilayah rumah warga paling banyak terendam yakni kecamatan Muara Tembesi sekitar 1.072 rumah.

Sementara wilayah rumah warga yang tergenang yakni Kecamatan Mersam. Rumah Warga yang tergenang sekitar 486 rumah.

Banjir melanda tujuh kecamatan. Selain merendam rumah warga, banjir juga merendam jalan. Untuk jalan yang paling banyak terendam banjir, masih di wilayah Kecamatan Muara Tembesi.

Data yang diperoleh menyebutkan, sepanjang 900 meter jalan di Tembesi sudah terendam banjir. ***

Kategori Batanghari

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.