Stok Pangan di Bungo Aman Hingga Lebaran Idul Fitri

PENULIS : RAIHAN
EDITOR : M ASRORI S

Sekda Provinsi Jambi, H M Dianto (tiga) dari kanan.

INFOJAMBI.COM – Sekda Provinsi Jambi, H.M.Dianto, bersama tim Satgas Pangan Provinsi Jambi dan Satgas Pangan Kabupaten Bungo, meninjau stok kebutuhan bahan pangan selama bulan Ramadhan hingga menjelang Idul Fitri 2019, di pasar Bungur atau Pasar Atas Kelurahan Batang Bungo, Selasa (21/5/2019).

Sekda didampingi Asisten II Pemkab Bungo Chairul Saleh, Kepala BPS Provinsi Jambi, Dadang Hardiwan, Kepala Balai POM Provinsi Jambi, Antoni Asdi, Kepala Bappeda Provinsi Jambi Doni, Kadis TPHP Provinsi Jambi, Akhmad Mausul, Kepala Bulog Devisi Regional Jambi Bakhtiar dan anggota satgas pangan lainnya.

Satgas Pangan Provinsi Jambi dibantu dengan Tim Satgas Pangan Kabupaten Bungo, selasa pagi meninjau Pasar Atas Bungo atau Pasar Bungur,” terhadap harga ayam potong sampai ketangan konsumen sekitar Rp.28.000 per kg, bawang putih harganya sekitar Rp.30.000, cabe merah dari Pagaralam/Curup harga Rp.28.000, untuk daging sapi segar Rp. 120.000, kalaupun terjadi kenaikan Rp.130.000 per kg diperkirakan pada H-1 lebaran,” ungkap Sekda.

Usai meninjau gudang distributor Sentosa, Sekda menjelaskan ketersediaan stok beras dan tepung terigu untuk Kabupaten Bungo, aman hingga lebaran,”Alhamdulillah ini bisa menyangga sampai H-1 lebaran, sesuai kebutuhan masyarakat di Bungo dan sekitarnya,” jelas Sekda.

Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang menyikapi ketersediaan bahan pangan, terkhusus stok tepung terigu yang harganya saat ini berkisar Rp.7000-8000 per kg.

“Masyarakat tidak perlu khawatir, jadi jangan beli barang yang berlebihan, karena stoknya ada dipasaran juga harganya pun cukup stabil, sampai menjelang hari raya Idul Fitri 1440 H.

Namun menurut kepala statistic menyebutkan, ada kenaikan kebutuhan karena hari-hari ini masyarakat kita mulai membuat kue, jadi kita cek ke gudang (distributor),” kata Sekda.

Berdasarkan keterangan yang disampaikan, Sekda akan ada penambahan dari Distributor Sentosa untuk tepung dalam 2-3 hari ini, akan ditambah termasuk PD. Setiap yang memiliki jaringan lebih kuat dan kebutuhan masyarakat untuk membuat kue yang berbahan baku tepung tercukupi.

BPOM Provinsi Jambi, juga melakukan pengujian pada beberapa sample bahan makanan berbuka puasa.

“Balai POM sudah menguji 12 sample makanan mie, cendol, kolang-kaling, makanan-makanan untuk kebutuhan masyarakat yang dijual oleh para pedagang dengan mobil uji bahan berbahaya, ternyata hasilnya bagus karena tidak mengandung zat-zat yang membahayakan bagi konsumen,” papar Sekda.

Sekda mengakui berdasarkan hasil pantauan lapangan, untuk bahan pangan pokok di Kabupaten Bungo tergolong aman hingga lebaran.

“Sebagian besar positif dan mudah-mudahan harga yang hari ini, bisa bertahan sampai nanti menjelang masyarakat untuk menghadapi Hari Raya Idul Fitri 2019,” kata Sekda. ( Humasprov )

Kategori Provinsi

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.