Senin, 21 Mei 2018 | 04:13

Stok Sembako di Pasar Tradisional Sarolangun Aman

Laporan Rudi Franconero

Wabup Sarolangun meninjau harga kebutuhan pokok (foto : rudi)

INFOJAMBI.COM — Jelang Ramadhan, Wakil Bupati Sarolangun, Hilalatil Badri melakukan sidak harga kebutuhan pokok di Pasar Atas, Sarolangun, Selasa (15/5/2018).

Pantauan INFOJAMBI, Wakil Bupati memeriksa harga gula, telur, terigu dan lain-lain. Dia juga memantau harga sayur, ayam, daging dan ikan.

“Dari hasil sidak yang kami lakukan, stok aman sampai Idul Fitri nanti. Kami himbau para pedagang dan pengusaha agar sama-sama menjaga kestabilan harga,” kata Hilalatil.

Merangkaknya harga sejumlah kebutuhan masyarakat di pasar menjadi perhatian Pemkab Sarolangun. Harga daging ayam tembus Rp 45 ribu per kg, sementara harga daging kerbau naik Rp 10 ribu, dari harga normal Rp 120 ribu per kg.

Untuk cabai dan ikan, minimnya pasokan membuat kedua komoditi ini banyak dipasok dari luar daerah. Cabai didatangkan dari Curup (Bengkulu) dan Kerinci. Sementara ikan banyak dipasok dari Padang, Sumatera Barat.

Kendati ada kenaikan, beberapa komoditas mengalami penurunan. Harga cabai yang banyak diimpor dari daerah tetangga terpantau turun.

Hari sebelumnya, harga cabai merah tembus Rp 38 ribu per kg. Selasa (15/5/2018) harganya turun menjadi Rp 32 ribu per kg. Penurunan harga juga terjadi pada cabai rawit yang dijual dikisaran Rp 30 ribu per kg.

Hilal mengatakan, Pemkab Sarolangun akan membuat program pengembangan komoditas cabai di Kecamatan Batang Asai. Daerah ini dianggap memiliki topografi yang cocok untuk budidaya cabai dan kentang.

“Kami akan coba kembangkan di Batang Asai. Soalnya daerah kita ini yang cocok di sana,” ujar Hilalatil.

Pemkab Sarolangun minta pihak Dinas Perindustrian, Perdagangan, UKM dan Koperasi Sarolangun terus mengontrol pasokan dan harga barang yang dijual, bukan menjelang Ramadhan saja, tapi hingga Idul Fitri nanti. ***

Editor : IJ2

 

Kategori Ekonomi dan Bisnis,Sarolangun

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.