Sumur Neraka Yaman Disebut Penjara Setan dan Jin Akhirnya..

Editor: Rahmad

“Sumur Neraka” yang disebut sebagai penjara setan dan jin. (Ist)

INFOJAMBI.COM – Tim ekspedisi gua asal Oman berhasil masuk dan menjelajah dasar “Sumur Neraka” untuk pertama kali di Yaman yang disebut sebagai penjara setan dan jin.

Mohammad Al Kindi dan tim penjelajah gua Oman pun turun ke dasar sumur dan mengungkap apa saja yang sebenarnya ada di dasar struktur geologi yang selama ini selalu dikaitkan dengan mitos menyeramkan itu.

Mohammad Al Kindi dan tim penjelajah gua mengungkap mereka menemukan beberapa hal indah.

Al Kindi dan timnya menemukan mata air murni yang segar di dasar gua. Padahal sumur ini terkenal dengan mitos sebagai gua yang “jahat” dan airnya berbahaya untuk diminum.

“Kami bahkan minum satu botol penuh dan tidak ada yang terjadi pada kami!” katanya.

Al Kindi menghabiskan sekitar enam jam di dalam gua, dan tidak menemukan apa pun yang lebih menyeramkan kecuali banyak ular.

“Mereka berkembang biak ketika tidak ada predator yang memakannya. Itu biasa,” katanya.

Dilansir dari 7news, Jumat (24/9/2021), tim mengumpulkan sampel batu, air, tanah, dan beberapa hewan mati, dan terpesona oleh mutiara gua berwarna-warni yang bersinar melalui air terjun bawah tanah.

“Mutiara gua adalah endapan kalsium karbonat konsentris yang terbentuk di sekitar inti di bawah air yang jatuh,” jelas Al Kindi.

Menurut Al Kindi cincin-cincin tersebut ihaluskan oleh gerakan air yang jatuh selama ribuan tahun hingga membentuk bentuk mutiara yang indah.

Dari apa yang bisa dilihat Al Kindi, gua itu tidak tersentuh oleh tangan atau kaki manusia.

“Tidak ada misi sebelumnya yang didokumentasikan, jadi tidak jelas apakah ada orang yang benar-benar pergi ke sana, meskipun sulit untuk memastikan 100 persen,” katanya.

Mitos seram sumur neraka

Sumur Neraka atau Sumur Barhout terletak di dekat perbatasan Yaman dengan Oman di provinsi timur Al-Mahra.

Tempat itu merupakan tempat misterius yang telah lama menjadi subjek banyak mitologi dan cerita rakyat.

“Beberapa orang mengatakan di sanalah orang-orang murtad dan orang-orang yang tidak percaya disiksa setelah kematian,” kata ahli geologi dan pemilik Pusat Konsultasi Ilmu Bumi seperti dikutip dari The National.

Lubang sumur itu sendiri memiliki lebar 30 meter, dan memiliki kedalaman lebih dari 100 meter di bawah tanah. Apa yang ada di bawahnya diperkirakan berumur jutaan tahun.

Cerita rakyat setempat menyebut tempat tersebut sebagai penjara bagi para setan. Sebutan ini terkait dengan bau busuk yang keluar dari sumur tersebut.

Selama berabad-abad, cerita telah beredar bahwa sumur ini dihuni oleh tokoh gaib dari bangsa jin.

Warga setempat percaya bahwa benda-benda di dekat lubang dapat tersedot ke arahnya.

Banyak penduduk lokal tetap gelisah mengunjungi lubang besar, atau bahkan membicarakannya, karena takut tertimpa nasib buruk. Tidak heran para penjelajah enggan untuk turun ke sumur tersebut.

Al Kindi berharap dengan kunjungannya ke dasar Sumur Neraka, temuannya dapat menghilangkan beberapa mitos seputar gua dan situs serupa lainnya.

“Saya percaya bahwa Sumur Neraka, yang dikenal sebagai Barhout, adalah sebuah gua legendaris yang ditempatkan di banyak gua di Yaman. Sekarang setelah kita pergi ke Khasfat Foujit, gua itu tidak boleh disebut dengan nama lain selain daerah tempat itu berada,” katanya.

Kategori Dunia

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.