Selasa, 19 Maret 2019 | 17:32

Sungai Sahut Berpeluang Juara Pertama LBS Nasional

Penuis : Teguh
Editor : M Asrori S

Karya lukisan menarik dari bahan limbah rumah tangga, dapat perhatian dari Ketua TP PKK Merangin,Hj Hesti Haris.

INFOJAMBI.COM – Setelah berhasil masuk enam besar nasional, Desa Sungai Sahut Kecamatan Tabir Selatan Kabupaten Merangin, berpeluang besar menjadi juara pertama lomba Lingkungan Bersih Sehat (LBS) tingkat nasional 2019.

Peluang kemanangan itu tersirat ketika tim penilai dari pusat diketuai, Hj Endang, saat melakukan verifikasi lapangan ke desa tersebut, Selasa(12/3/2019).

”Sengaja kami turun ke desa ini, untuk melakukan cek and ricek,” ujar Hj Endang.

Tujuan verifikasi itu lanjutnya, untuk mengecek langsung apakah data yang dilaporkan ke pusat itu sama dengan data kondisi di lapangan. Selain itu tim penilai juga memperbanyak dialog dengan warga setempat.

Ditegaskan Hj Endang, sekarang ini Kabupaten Merangin yang mewakili Provinsi Jambi pada lomba LBS tingkat nasional, telah masuk nominasi enam besar. Artinya, juara ke enam sudah ditangan.

“Untuk penyerahan hadiah LBS ini, akan berlangsung 16 Juli nanti di Kota Banjar Baru Kalimantan Selatan. Nanti, Ibu Hj Hesti, menghadiri acara itu,” ujar Endang, seolah memberi lampu hijau atas kemenangan Kabupaten Merangin.

Kabupaten yang masuk enam besar lomba LBS tingkat nasional, jelas Hj Endang, Merangin-Jambi, Pasaman–Sumbar, Wonosoba–Jawa Tengah, Sleman–Yogjakarta, Lampung Selatan–Lampung dan Deli Serdang–Sumut.

Sementara itu, Ketua TP PKK Merangin, Hj Hesti Haris, menegaskan, Desa Sungai Sahut tidak semata langsung siap dalam mengikuti lomba LBS. Jauh-jauh hari telah dilakukan pembinaan secara berkala dan berbagai persiapan. Semua elemen masyarakat bersatu memenuhi berbagai kekurangan yang terjadi.

“Saya sangat berterimakasih kepada seluruh masyarakat Sungai Sahut, kader PKK, berbagai komunitas dan semua pihak yang telah berperan,” ujar Hj Hesti Haris.

Semua data-data yang dibutuhkan tim penilai lomba LBS, lanjut Bunda PAUD Merangin ini, sudah disiapkan, termasuk orang-orang sebagai pelakunya. Begitu juga dengan Puskesmas setempat yang selalu siap.

Dikesempatan itu, Hj Hesti Haris, berkenan meninjau hasil kerajinan warga Desa Sungai Sahut yang dipamerkan. Diantaranya, lukisan menarik dari bahan limbah rumah tangga.***


Kategori Merangin

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.