Syafril Nursal: Semangat Raden Mattaher Harus Menjadi Teladan

Penulis : Rifky Rhomadoni || Editor : Wahyu Nugroho

INFOJAMBI.COM – Peringatan hari Pahlawan, 10 November 2020, menjadi hari yang bersejarah bagi masyarakat Provinsi Jambi.

Sebab, Presiden Joko Widodo telah memberikan anugerah gelar Pahlawan Nasional 2020 kepada 6 tokoh, di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa 10/11/2020. Salah satu diantara 6 tokoh itu merupakan almarhum Raden Mattaher Bin Pangeran Kusen Bin Adi.

Calon wakil Gubernur Jambi nomor urut dua, Syafril Nursal menyampaikan ucapan terima kasih kepada Presiden Jokowi, yang sudah menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada Raden Mattaher. Sebagai putra Jambi, Syafril mengatakan sangat bersyukur, terharu dan bangga dengan diberikannya gelar pahlawan nasional kepada almarhum Raden Mattaher.

“Alhamdulillah, di hari Pahlawan ini, menjadi sejarah tersendiri bagi kita masyarakat Provinsi Jambi dengan diberikannya gelar Pahlawan Nasional kepada almarhum Raden Mattaher. Selamat atas penganugerahan gelar Pahlawan Nasional oleh Presiden RI Joko Widodo kepada almarhum Raden Mattaher Bin Pangeran Kusen Bin Pangeran Adi,” Ucap Syafril penuh bangga.

Syafril mengatakan, semangat juang dari Raden Mattaher bersama-sama pejuang lainnya dalam melawan dan menumpas penjajahan kolonial Belanda menginspirasi masyarakat Jambi. Sebab, panglima perang Raden Mattaher mempersatukan rakyat untuk menumpas para penjajah.

Menurut Syafril, label pahlawan nasional yang dianugerahkan kepada almarhum Raden Mattaher merupakan sebuah anugerah yang lahir atas jasa yang tak ternilai karena lebih mengutamakan kepentingan negara bangsa dan Jambi di atas kepentingan pribadi.

“Karena almarhum Raden Mattaher mementingkan kepentingan masyarakat bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi. Semangat almarhum Raden Mattaher harus menjadi teladan, memotivasi serta menginspirasi kita semua,” ucapnya.

Untuk itu, kata Syafril, jika di masa penjajahan para pahlawan kita, pejuang bangsa kita menghibahkan jiwa raganya untuk memperjuangkan kemerdekaan. Maka generasi saat ini, termasuk generasi muda, wajib untuk meneruskan semangat perjuangan para pahlawan tersebut.

“Kita berkewajiban untuk meneruskan semangat para pahlawan. Termasuk generasi muda. Dengan cara bagaimana?, dengan menjaga persatuan dan kesatuan, berbuat yang positif dan baik, terus menimba ilmu pengetahuan, bersama-sama membangun dan memajukan bangsa dan tanah air kita, termasuk daerah kita Provinsi Jambi,” ucapnya.***

Kategori Politik

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.