Senin, 21 Mei 2018 | 04:34

Syahirsah Sesalkan 80 % Warga Marosebo Ulu BAB Sembarangan

Syahirsah SY

INFOJAMBI.COM — Perilaku hidup sehat warga Marosebo Ulu, Batanghari dinilai masih minim. Masalahnya, masih banyak warga yang buang air besar (BAB) sembarangan di bantaran Sungai Batanghari.

Terkait hal itu, Bupati Batanghari, Syahirsah SY menegaskan bahwa merubah perilaku manusia sangat sulit. Apalagi sudah menjadi kebiasaan cara hidup sehari-hari.

Data yang diperoleh dari Dinas Kesehatan Batanghari, sekitar 80 persen warga Marosebo Ulu buang air besar sembarangan.

Bupati Syahirsah mengaku terkejut mendengar data 80 persen warganya masih BAB sembarangan. “Sayo baru tahu. Saya berharap agar masyarakat berperilaku hidup bersih dan sehat,” kata Syahirsah.

Menurut Syahirsah, sehat itu sangat penting. Jika sakit, maka tidak bisa melakukan aktifitas seperti biasa. Begitu juga sebaliknya. Maka dari itu ubahlah perilaku agar bisa hidup sehat,” kata Syahirsah.

Bupati mengatakan, merubah perilaku manusia tidak mudah. Butuh proses cukup lama. “Kalau jalan rusak, bisa diperbaiki. Tapi kalau perilaku, butuh waktu panjang merubahnya,” ujarnya.

Syahirsah menyatakan, hanya niat dan kesadaran masing-masing warga yang mampu merubah perilaku manusia. Kalau mereka sadar BAB sembarangan menimbulkan penyakit, berarti mereka mampu mengatasi perilakunya.

Disinggung soal WC umum yang telah dibangun di setiap desa sebagai solusi agar warga tidak lagi BAB sembarangan. Menurut Bupati, WC umum tidak efektif, karena WC yang dibangun tidak diurus.

“Setelah dibangun, WC umum itu tidak diurus. Siapa yang mau BAB dalam WC yang kotor dan bau. Mungkin solusinya, warga dibantu pembangunan WC pribadi di rumahnya. Bisa diajukan di musrenbang kecamatan,” ujarnya.

Terkait program Open Defection Free (ODF) untuk seluruh desa di Batanghari, Syahirsah sangat mendukung. Dia mengimbau semua pihak agar ikut menyukseskan program yang diluncurkan Dinas Kesehatan Batanghari itu. (Raden Soehoer — Batanghari)

 

Kategori Batanghari,Kesehatan

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.