Jumat, 28 Juli 2017 | 23:46

Tabligh Akbar Bergema di Balai Kota, Ribuan Massa Do’akan Kota Jambi

Walikota Fasha menghadiri tabligh akbar di Balai Kota || foto : dicky

KOTAJAMBI – Munajat doa, dzikir dan tausiyah kembali bergema di kantor Wali Kota Jambi, Jumat (12/5). Kegiatan yang diselenggarakan dalam rangkaian memperingati hari jadi Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi itu dikemas dalam acara Tabligh Akbar.

Ribuan massa dengan mengenakan busana muslim putih-putih tampak menyesaki lapangan utama kantor Wali Kota sejak setelah shalat Jumat.

Pemerintah Kota Jambi sengaja menghadirkan 2 dai kondang yaitu ustadz Solihin Hasibuan (ustadz Solhas) dan ustadz Sofwatillah Mohzaib (ustadz Opat) penulis Al-Quran terbesar didunia guna memberikan siraman rohani pada acara itu.

Kegiatan Tabligh Akbar, memang telah menjadi tradisi yang rutin dilaksanakan oleh Pemkot Jambi setiap tahunnya dibawah kepemimpinan Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha dalam menyambut hari jadi kota Jambi.

Tahun ini merupakan kali keempatnya kegiatan tersebut diselenggarakan dan setiap tahunnya, selalu mendapat sambutan yang luar biasa dari segenap lapisan masyarakat Kota Jambi.

Acara diawali dengan gema sholawat yang dibawakan dengan khidmat dan kompak oleh ribuan ibu-ibu yang tergabung dalam Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) se-Kota Jambi yang memutihkan lapangan utama Kantor Wali Kota itu.

Ibu-ibu majelis taklim yang kompak mengenakan baju serba putih tersebut, sedari siang telah berduyun-duyun memadati lokasi tersebut. Mereka sangat antusias mengikuti Tabligh Akbar bersama Pemerintah Kota Jambi dalam rangkaian kegiatan Semarak Hari Jadi Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi ke 616 dan HUT Pemerintah Kota Jambi ke 71 tahun 2017.

Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Pemkot Jambi sengaja terus menggelar acara Tabligh Akbar tersebut dalam rangka menyambut dan menyemarakkan rangkaian perayaan HUT Kota Jambi.

“InsyaAllah, tradisi ini akan terus dilaksanakan setiap tahunnya dalam perayaan HUT Kota Jambi. Saya juga berharap semoga kehadiran ustadz penceramah serta ribuan jamaah dapat menjadi penyebab turunnya rahmat Allah di Kota Jambi ini,” ujar Fasha.

Penceramah ustadz Sofwatillah Mohzaib atau ustadz Opat dalam tausiahnya, menyampaikan agar umat muslim selalu mensyukuri nikmat dalam keadaan apapun. Sebab, Allah tidak pernah berhenti memberi nikmat kepada umat manusia. Untuk itu, sudah sepatutnya kita semua mensyukuri nikmat tersebut. “Dengan apa kita kita mensyukurinya, dengan cara menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya,” katanya.

Diakhir tausiyahnya, Ustadz Opat memberikan kejutan berupa tantangan kepada 4 orang jamaah yang hadir. Sebagai imbalannya, keempat orang jamaah tersebut akan di berangkatkan secara gratis ke Kota Palembang untuk tur religi mengunjungi museum Al-Quran terbesar di dunia yang digagasnya tersebut.

Sementara itu, Ustadz Solhas dengan gaya dakwah yang khas, tausiyah diselingi dengan humor, membuat tabligh akbar menjadi lebih meriah, atraktif, dan tidak membosankan. Dirinya menyampaikan bahwa agar umat muslim senantiasa meningkatkan kualitas ibadah kepada Allah SWT, terlebih sebentar lagi akan menghadapi bulan suci Ramadhan.

“Kita manfaatkan bulan suci ini untuk semakin meningkatkan kualitas taqwa kita kepada Allah SWT. Sangat rugi apabila pintu rahmat dibuka, namun kita tidak memanfaatkannya dengan baik,” ujarnya.

Tabligh akbar diakhiri dengan shalat Ashar berjamaah, juga diisi dengan alunan musik Islami dari group gambus Ash-Shofa.

Tabligh Akbar yang berlangsung khidmat dan meriah tersebut, selain dihadiri ribuan ummat muslim dari dalam dan luar kota Jambi, dari berbagai masjid, langgar dan kelompok majelis taklim, turut pula dihadiri Ketua DPRD Kota Jambi H.M. Nasir, Dandim 0415 Batanghari, serta unsur Forkompinda lainnya seperti dari Polrestas dan Dandenpom.

Tampak juga hadir jajaran Pemerintah Kota Jambi, Plt. Sekda Kota Jambi H. Mukhlis, kepala OPD, Camat dan lurah, serta juga turut dihadiri Ketua TP-PKK Kota Jambi Hj.Yuliana Fasha serta ribuan jamaah dari dalam dan luar kota Jambi. (infojambi.com/***)

 

Kategori Agama,Kota Jambi

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.