Tahun Depan Anak-Anak Punya KTP Sendiri

H. Syarif Fasha

KOTAJAMBI — Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi akan menerbitkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk anak-anak, tahun depan. Kartu Indentitas Anak (KIA) diterbitkan untuk mendorong peningkatan pendataan, perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional anak.

“Tahun depan kita akan menganggarkan dan ujicoba menerbitkan KTP untuk anak-anak,” kata Walikota Jambi, H Syarif Fasha, Senin (7/8).

Dirinya menjelaskan, untuk pembuatan KIA, tahun 2017 ini belum ada penganggarannya. Anggaran baru ada pada tahun 2018 dengan biaya sekitar Rp.500 juta.

Disinggung soal pembuatan e-KTP bagi warga usia di atas 17 tahun, Fasha menyatakan masalahnya masih pada kelangkaan blanko dari pemerintah pusat. Ia berharap pemerintah daerah dibolehkan menganggarkan sendiri, sehingga tidak ada masalah dalam pembuatan e-KTP di Kota Jambi.


“Kalaulah e-KTP boleh dianggarkan oleh pemerintah daerah, maka tidak akan ada masalah e-KTP seperti sekarang ini,” ungkap Fasha.

Untuk diketahui, berdasarkan Permendagri Nomor 2 Tahun 2016, Kartu Identitas Anak terdiri dari dua jenis, yakni untuk anak berusia 0 – 5 tahun dan 5 – 17 tahun. (infojambi.com)

Laporan : Dicky

 

Kategori Kota Jambi

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.