Tak Ingin Karhutlabun Terjadi Lagi, Pemkab Muaro Jambi dan Polda Jambi Tingkatkan Kerja Sama

INFOJAMBI.COM — Bupati Muaro Jambi, Hj Masnah Busyroh, tidak ingin bencana kebakaran hutan, lahan dan kebun (karhutlabun) terjadi lagi di Kabupaten Muaro Jambi.

Menurut bupati wanita pertama di Provinsi Jambi ini, struktur tanah di daerahnya menjadi salah satu faktor penyebab kabut asap. Sekitar 40 persen dataran Muaro Jambi merupakan lahan gambut. Api akan sulit dipadamkan jika membakar lahan gambut.

Tidak ingin musibah tahun 2015 itu terulang kembali, Masnah sangat mengharapkan kerja sama dengan pihak kepolisian lebih ditingkatkan. Masnah minta jajaran Polda Jambi membantu Pemkab Muaro Jambi, khususnya dari sisi pengamanan.

Harapan itu disampaikan Masnah langsung kepada Kapolda Jambi, Brigjen Pol Priyo Widyanto. Kebetulan Kapolda Jambi berkunjung ke Kabupaten Muaro Jambi, Rabu 20 September.

Masnah menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Brigjen Priyo Widyanto yang sudah berkunjung ke Kabupaten Muaro Jambi. “Kam akan meningkatkan kerja sama dengan Polda Jambi untuk pengamanan karhutlabun,” ujarnya.

Pertemuan yang juga dihadiri Wakil Bupati Muaro Jambi, Bambang Bayu Suseno, itu diisi dengan acara makan siang bersama. Kapolda disambut dengan sangat terhormat, ditandai dengan persembahan tarian sekapur sirih dan penaburan beras kunyit.

Sementara, Kapolda Jambi, Brigjen Priyo Widyanto, juga mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat dari Pemkab Muaro Jambi itu. Dia menyatakan pihak kepolisian siap mendukung pembangunan di daerah tersebut.

“Kita lancarkan pembangunan dan perekonomiannya, agar masyarakat Muaro Jambi sejahtera. Mari sama-sama kita jaga keamanan di daerah ini,” kata Priyo ketika itu.

Menanggapi masalah kebakaran hutan, lahan dan kebun di Muaro Jambi, menurut Kapolda, kejadian tahun 2015 lalu telah merugikan masyarakat. Kedepannya pihak kepolisian dan Pemkab Muaro Jambi akan bersama-sama mengantisipasi karhutlabun.

“Pihak kepolisian pasti membantu dalam mencegah dan menangani masalah kebakaran hutan, lahan dan kebun ini. Kami akan terus menjaga rasa aman masyarakat, termasuk di Muaro Jambi,” tegas Priyo. (Muammar Syarbani – Muaro Jambi)

 

Kategori Lensa

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.