Senin, 19 November 2018 | 20:51

Tanjab Timur – Banyuasin Mantapkan Kerjasama Pembangunan

Laporan Willy Bronson

Persiapan penanda-tanganan kerjasama Pemkab Tanjab Timur dan Pemkab Banyuasin Sumbsel.

INFOJAMBI.COM – Tindaklanjut kerjasama perbatasan antara Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjab Timur) Jambi dengan Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan, kian dimantapkan.

Naskah Perjanjian Kerjasama (MoA) akan segera ditandatangani pada puncak hari jadi Tanjab Timur ke-19, pada 21 Oktober nanti di Muarasabak.

Kepastian ini dikonfirmasi langsung oleh Kabid Perencanaan Ekonomi dan SDA Bappeda Tanjab Timu, Rudi Chandra, SE ME, Rabu (17/10/2018) kemarin sedang berada di Pemkab Banyuasin.

Dikatakan Rudi, pada HUT Kabupaten Tanjab Timur nanti, sedikitnya MoA yang ditandangani melibatkan lima OPD kedua Pemkab, yakni Dinas Permukiman dan Pertanahan, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas PUPR, Dinas Kominfo dan Bagian Kerjasama.

“Mereka akan ke Tanjab Timur bersama Bupati Banyuasin yang langsung ke Tanjab Timur usai kunker beliau di Jogyakarta,” kata Rudi.

MoA merupakan tindaklanjut dari MoU yang sudah ditantangani bupati Tanjab Timur, Romi Hariyanto dan Bupati Banyuasin Askolani bulan lalu.

Tanjab Timur dan Banyuasin memang menyepakati kerjasama pembangunan dua wilayah masing – masing yang saling berbatasan. Kedua wilayah itu, adalah Desa Sungai Benuh Kecamatan Sadu Tanjab Timur dan Desa Tanah Pilih Banyuasin.

Kedua desa itu, hanya dibatasi sebuah sungai kecil, juga sama-sama masih jauh tertinggal dari desa lain di kabupaten masing – masing. Keduanya juga terisolir lantaran minimnya sarana dan prasarana.

Di Desa Sungai Benuh misalnya, desa yang sulit diakses transportasi darat ini, belum tersedia listrik. Pun air bersih layak minum serta belum ada sarana telekomunikasi. Sekolah di desa ini tidak berjalan optimal, karena kekurangan murid.

Sedang fasilitas kesehatan hanya tersedia sebuah Puskesmas Pembantu (Pustu) dengan satu orang bidan honorer. Begitu pula dengan fasilitas di desa Tanah Pilih Banyuasin, kondisinya hamper sama. Berangkat dari persoalan yang mirip itu, kedua Pemkab bersepakat bekerjasama mengatasi persoalan tersebut.

Rudi menambahkan, kerjasama diwujudkan dengan rencana aksi percepatan pelayanan pembangunan. Rinciannya, perencanaan pembangunan jembatan penghubung kedua desa oleh masing-masing Pemkab.

Lalu penyediaan tenaga medis tambahan di Pustu Sungai Benuh oleh Banyuasin lengkap dengan peningkatan sarana dan prasarananya. Pendirian SMP Satu Atap oleh Pemkab Tanjab Timur di Sungai Benuh yang akan mengakomodir siswa asal Tanah Pilih. Sedangkan Pemkab Banyuasin akan meningkatkan sarana prasarana SD di Tanah Pilih, untuk mengakomodir anak-anak Sungai Benuh.

Pemkab Banyuasin akan menghadirkan provider Telkomsel dengan bantuan penyiapan data dan surat dukungan oleh Pemkab Tanjab Timur. Sementara air bersih sarananya akan dibangun Banyuasin, untuk Pemkab Tanjab Timur membantu pencarian sumber airnya.

Sedangkan untuk kebutuhan jaringan listrik, kedua Pemkab bersepakat untuk sama-sama mengusul ke PLN. Begitu pula rencana membangun pemecah ombak bagi permukiman warga di sekitar pantai kedua wilayah, akan sama-sama diusulkan.

Wujud kerjasama ini merupakan bentuk nyata upaya percepatan pembangunan kawasan perbatasan.***

Editor : M Asrori S


Kategori Tanjung Jabung Timur

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.