Tanjungjabung Barat Satu-Satunya Kabupaten Pemerhati K3 di Provinsi Jambi

Penulis : Jumalis
Editor : Dora

INFOJAMBI.COM – Upacara peringatan Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Provinsi Jambi, beberapa waktu lalu, Kabupaten Tanjung Jabung Barat menerima piagam penghargaan, sebagai kabupaten pemerhati K3 dari Gubernur Jambi.

Hal ini disampaikan Bupati Tanjung Jabung Barat, Dr. Ir. H. Safrial MS dalam sambutannya saat memimpin upacara awal bulan, sekaligus peringatan Bulan K3 di halaman Kantor Bupati Tanjungjabung Barat, Senin (3/2/2020).

Safrial mengingatkan jajaran OPD, bahwa pengelolaan ketenagakerjaan termasuk manajemen K3 telah memasuki era yang penuh dengan tantangan dan perubahan yang kompleks di semua sektor.

Menurutnya, penerapan digitalisasi di era pesatnya kemajuan teknologi, ditambah sistem yang serba otomatis dapat menyebabkan hilangnya beberapa jenis pekerjaan dan munculnya jenis pekerjaan baru berbasis digital dan IT.

Safrial berharap semua pihak lebih siap menghadapi fenomena tersebut, dengan mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang terampil, handal, kerja cepat, berkualitas dan berintegritas.

“Dengan kata lain SDM yang unggul dan tangguh di segala bidang,” ujar Safrial.

Pemkab Tanjungjabung Barat juga telah menjalankan program pelatihan dan pendidikan bagi masyarakat, sesuai kebutuhan dunia kerja dan usaha.

MoU pemkab dan beberaa perusahaan juga telah ditindak lanjuti dengan rekruitmen dan pemberdayaan tenaga kerja lokal. Berdasarkan data BPS, langkah Pemkab Tanjab Barat tersebut terbukti mampu meningkatkan partisipasi angkatan kerja 2018 yang mencapai 75,42 %.

Safrial berharap kepada dinas dan stakeholder terkait agar meningkatkan koordinasi, guna merumuskan strategi lingkup ketenagakerjaan yang lebih efektif, efisien, inovatif dan sinkron dengan dunia kerja.

Usai upacara, Bupati didampingi Wakil Bupati dan Sekda menyerahkan bantuan rumah dinas layak huni bagi tenaga honorer petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup dari PetroChina International Jabung Ltd.

Bantuan yang diterima Marjoansyah tersebut senilai 28 juta rupiah. #

Kategori Tanjung Jabung Barat

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.