Selasa, 23 Oktober 2018 | 21:21

Target 20 Ribu Wirausaha Baru, Kompetisi DSC Kembali Digelar

Laporan Bambang Subagio

Para juri Kompetisi wirausaha Diplomat Success Challenge dan pelaku usaha muda.

INFOJAMBI.COM – Sejalan dengan program pemerintah (Kementerian Perindustrian) yang menargetkan tumbuhnya 20 ribu wirausaha baru hingga akhir tahun 2019, Kompetisi wirausaha Diplomat Success Challenge (DSC) kembali digelar untuk kali kesembilan.

Kompetisi berhadiah hibah modal usaha total Rp 2 miliar dan bimbingan usaha ini, diyakini dapat mendukung Indonesia untuk lebih memperkuat sektor kewirausahaan di Indonesia.

“DSC ini juga memberikan peluang para wirausaha muda Indonesia, untuk tumbuh dan berkembang,” ujar Doni Arya, selaku perwakilan PT Wismilak Inti Makmur Tbk, dan juga penyelenggara DSC, pada jumpa pers di Jakarta, Rabu (1/8/2018).

Pendaftaran DSC mulai dibuka secara daring (online), 1 Agustus dan ditutup 1 Oktober 2018 nanti, akan menghadirkan para juri (Dewan Komisioner), yakni Surjanto Yasaputera (profesional di dunia marketing) sebagai Ketua Dewan Komisioner, Helmy Yahya (Direktur Utama TVRI), Antarina SF Amir (Direktur Pengelola HighScope Indonesia) dan Veronika Linardi (Pendiri & CEO Qerja.com) yang ketiganya bertindak sebagai juri atau Dewan Komisioner.

Doni Arya menambahkan, setelah tahap pendaftaran secara daring, DSC akan memulai rangkaian kegiatan melalui audisi, untuk mengakurasi wirausaha muda Indonesia yang memiliki bisnis maupun ide bisnis yang inovatif, kreatif, bernilai ekonomi tinggi dan mampu memberikan dampak luas bagi masyarakat.

“Audisi peserta terpilih (challenger) akan dilakukan di tiga kota, yaitu Surabaya, Yogyakarta dan Jakarta, ” katanya.

Dewan Komisioner akan memberikan tantangan (market challenge) kepada peserta, untuk menguji penguasaan aspek strategi dan operasional bisnis (Paham), solusi teknis dan inovasi (Piawai) juga kepribadian sebagai pengusaha tangguh (Persona) yang menjadi dasar penilaian peserta.

Helmy Yahya mengatakan, Kompetisi DSC 2018 bertema SUKSESMU sebagai landasan bagi para peserta/challenger DSC, berbeda dengan kompetisi bisnis lainnya ini, sangat tepat dan strategis dalam mendukung ekosistem wirausaha di Indonesia.

“Sebab para pemenang DSC tidak hanya akan mendapatkan hibah, melainkan juga bimbingan (mentoring) untuk menjaga keberlangsungan usaha mereka. Kedua hal itu menjadi hal fundamental dalam menjaga keberlanjutan sebuah usaha,” ujar Helmy.

Surjanto mengatakan, kompetisi wirausaha DSC selain bertujuan menumbuhkan wirausaha muda Indonesia, juga bertujuan memberikan dampak yang luas kepada masyarakat.

“Di tahun ini, DSC akan memperbanyak pemenang, agar kesuksesan dari virus wirausaha ini tersebar,” kata Surjanto Yasaputera.***

Editor : M Asrori S


Kategori Ekonomi dan Bisnis

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.