Sabtu, 20 April 2019 | 03:39

Taufik Kurniawan Ingatkan Kontraktor Kedepankan K3

Laporan Bambang Subagio

Taufik Kurniawan

INFOJAMBI.COM – Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan mengingatkan kepada berbagai pihak yang terlibat dalam pembangunan proyek infrastruktur agar mengedepankan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan Standard Operating Procedure (SOP).

Menurut Taufik, konsultan perencana, kontraktor dan konsultan pengawas dalam setiap proyek pembangunan, harus bekerja secara profesional, dan mempertanggungjawabkan Detail Enginering Design (DED) dan Feasibility Study (Studi Kelayakan).

“Setiap pelaksanaan proyek selalu ada konsultan perencana, kontraktor, dan konsultan pengawas. Ketiganya harus bekerja secara profesional, jangan sampai ada salah pada Feasibilty Study. Atau jangan sampai terjadi kesalahan pada DED, itu harus selalu dalam supervisi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR),” tegas Taufik Kurniawan di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (20/2/2018).


Peringatan Taufik Kurniawan tersebut menyusul kembali terjadinya kecelakaan kerja proyek pembangunan infrastruktur kembali terjadi.

Kali ini, tiang penyangga beton proyek Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu), Jakarta Timur pada Selasa (20/2/2018) dini hari, ambruk. Ironisnya, insiden ini menjadi salah satu kecelakaan kerja ketujuh dalam pembangunan infrastruktur enam bulan terakhir.

Politisi F-PAN itu menambahkan, BUMN karya terkait, yakni perusahaan BUMN yang terlibat dalam pembangunan infrastruktur, untuk berkoordinasi dan berkonsultasi dengan Kementerian PUPR dan Kementerian BUMN.

Dalam waktu dekat, pihaknya mendorong digelar rapat gabungan antara Komisi V DPR, Komisi VI DPR, Kementerian PUPR, dan Kementerian BUMN.

“Banyak hal yang harus diselidiki lebih lanjut. Kami berharap Kementerian PUPR meningkatkan pengawasan kepada kontraktor yang melaksanakan pembangunan infrastruktur Jangan sampai mengejar target, tapi mengabaikan keselamatan,” kata politisi asal Dapil Jawa Tengah itu. ***

Kategori Nasional,Uncategorized

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.