Teka-Teki Kapal Tungkal Samudera Masih Misteri

Kapal Tungkal Samudera

KUALATUNGKAL — Lagi-lagi aset Pemkab Tanjabbar jadi mubazir. Tidak adanya dana untuk menarik dari Pelabuhan Gresik, Jawa Timur, membuat kapal milik Pemkab Tanjabbar, NV Tungkal Samudera, terombang ambing.

Tampaknya upaya Pemkab Tanjabbar akan memanfaatkan kapal cepat ini men‎jadi restoran terapung, bakal gagal. Kendalanya biaya.

Asisten II Bidang Ekonomi Setda Tanjabbar, Amdani, menanggapi wacana Bupati Safrial akan menarik kapal yang dibeli di masa kepemimpinan Usman Ermulan ini, tidak bisa komentar banyak.

Amdani juga belum tahu pasti tentang nasib kapal seharga miliaran rupiah itu. Menurutnya, nasib kapal cepat Tungkal Samudera ini kian “gelap”, semakin tidak pasti.

Masih tersangkutnya hasil pemeriksaan Polres Tanjabbar, membuat pemerintah belum bisa menentukan sikap. Saat ini aset itu masih terparkir di dermaga Gresik, Jawa Timur.

“Pemda belum bisa mengambil keputusan, apakah kapal itu dijual atau dibawa pulang ke Tanjabbar,” kata Amdani.

Bupati Tanjabbar, H Safrial MS, beberapa waktu lalu mengatakan, status kapal Tungkal Samudera masih menunggu keputusan dari kepolisian. Bupati sudah mengirim surat ke polres, namun belum ada jawaban.

“Setahu saya, pembelian kapal itu sempat disidik polres, di zaman kapolresnya Kokot Indarto. ‎Makanya kami tanyakan status kapal itu. Pemda masih menunggu keputusan polres. Ini yang mengganjal,” jelas Safrial.

Safrial mengaku susah menentukan sikap. Mau dijual tidak bisa, takut dianggap menghilangkan barang bukti. Mau ditarik kembali, butuh biaya besar.‎ Kalau dari kejaksaan sudah ada jawabannya.

Sementara itu Amdani menjelaskan, penarikan kapal Tungkal Samudera ke Kuala Tungkal butuh anggaran ratusan juta rupiah, tidak sebanding dengan kondisi kapalnya.

Pemkab Tanjabbar tahun 2004 silam menggelontorkan dana Rp.14 miliar untuk membeli kapal MV Tungkal Samudera. Kondisinya kini teronggok di dermaga dalam kondisi rusak parah pada bagian mesin. (infojambi.com)

Laporan : Raini

 

Kategori Lensa

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.