Selasa, 23 Mei 2017 | 06:16

Tenaga Kerja Harus Memiliki Skil dan Mampu Berdaya Saing

Pj Sekdaprov Jambi H Erwan Malik

KOTAJAMBI – Pj Sekda Provinsi Jambi, H Erwan Malik,  menegaskan, tenaga kerja yang memiliki skill menjadi keharusan untuk bisa bersaing di pasar kerja. Terlebih di era persaingan global saat ini sudah berlangsung di negara-negara ASEAN dengan diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Pemerintah berupaya membekali tenaga kerja, dengan tujuan untuk meningkatkan skill dan daya saing angkatan kerja, tegas Sekda Erwan Malik, di depan 50 peserta Seleksi Daerah ASEAN Skills Competition XII, yang berlangsung di Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jambi, Kamis (18/5).

“Kegiatan ini sangat penting, supaya tenaga kerja Indonesia umumnya dan Provinsi Jambi khususnya kompetitif bertaraf internasional,” ujar Sekda.

Menurut Sekda, salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menciptakan SDM berkualitas, memiliki keterampilan, berdaya saing, dan teruji adalah dengan membangun budaya kompetensi kerja.

“Kemampuan kerja setiap individu mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap sesuai dengan standar yang ditetapkan,” kata Sekda.

Direktur Bina Standardisasi Kompetensi dan Pelatihan Kerja Kementerian Tenaga Kerja, Dedi Kusyadi, mengatakan, upaya bersama-sama harus terus dilakukan, guna meningkatkan kompetensi sumber daya manusia utamanya kaum muda.

”Menyadari, betapa pentingnya peranan tenaga kerja dalam pembangunan ekonomi dan kesejahteraan nasional, serta untuk keberlangsungan suatu badan usaha atau industri, ternyata lowongan kerja yang tersediapun belum sepenuhnya bisa terisi karena kesenjangan antara persyaratan industri dengan kompetensi yang dimiliki tenaga kerja,” ungkap Dedi Kusyadi.

Selekda di beberapa Provinsi berlangsung serentak selama tiga hari, 18-20 Mei 2017 ini, harap Dedi Kusyadi,  berjalan lancer, karena merupakan hal yang  penting dan strategis dalam rangka mendapatkan calon kompetitor tangguh, serta siap untuk mengikuti pelatihan guna berkompetisi di ASEAN SKILLS COMPETITION XII Tahun 2018 di Thailand.

”Manfaatkan kegiatan SELEKDA ASC XII sebagai sarana memotivasi para tenaga kerja muda, untuk mengembangkan kompetensinya, hingga mencapai standar internasional,” harap Dedi Kusyadi.

Laporan : Raihan-Mustar ll Editor : M Asrori
 

Kategori Pendidikan dan Iptek

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.