Terancam Abrasi, Warga Rangkayo Hitam Direlokasi

MUARABULIAN — Keluhan warga Rangkayo Hitam, Kelurahan Pasar Baru, Batanghari dan sekitarnya terjawab. Setelah sekian lama menanti, akhirnya Pemkab Batanghari melalui APBD menganggarkan Rp 1 miliar lebih untuk membeli lahan.

Warga Rangkayo Hitam selama ini diancam rasa takut, dihantui abrasi (pengikisan tebing) karena mayoritas warga tinggal di bantaran Sungai Batanghari. Pemkab Batanghari dalam waktu dekat berencana merelokasi (perpindahan penduduk) Rangkayo Hitam.

Untuk sementara belum diketahui pasti lokasi lahan yang akan dibeli untuk pemukiman warga Rangkayo Hitam. Menurut informasi, warga Rangkayo Hitam yang dipindahkan sekitar 50 KK.

M Azan, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Batanghari, membenarkan Pemkab Batanghari menganggarkan dana Rp 1 miliar lebih untuk membeli lahan relokasi warga Rangkayo Hitam.

Untuk membeli tanah atau lahan pemukiman warga tersebut, sudah ada tim bergerak mencari lahan yang cocok untuk relokasi pemukiman. Lahan untuk lokasi tersebut diutamakan di pinggir jalan besar.

Dana membeli lahan relokasi warga dianggarkan melalui APBD Batanghari. Sementara untuk pembangunan perumahannya, dianggarkan melalui APBN,” kata Azan. (infojambi.com)

Laporan : Raden Soehoer

 

Kategori Lensa

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.