Terobos Banjir, Zola Ikut Evakuasi Bayi dan Balita

Zola mengevakuasi bayi

KOTAJAMBI — Hujan deras yang mengguyur Kota Jambi, sejak tadi malam hingga dinihari tadi, menimbulkan banjir dimana-mana. Selain menjebolkan Lapas Jambi, banjir dadakan juga merendam ratusan rumah warga.

Ketinggian air mencapai dada orang dewasa. Sejumlah bayi dan balita terjebak di tengah genangan banjir. Tidak sedikit warga yang memilih bertahan di dalam rumah, menunggu banjir surut.

Seorang ibu, warga Perumahan Kembar Lestari, Kelurahan Kenali Besar, Alam Barajo menangis melihat banjir hampir merendam seluruh rumahnya. Bayi yang baru berumur setahun terus dipeluknya.

Ibu ini awalnya tidak mau meninggalkan rumahnya, meski air mulai masuk ke rumah. Ketika genangan air semakin tinggi, keluarga yang tinggal di rumah kecil tanpa plester ini pun terjebak.


Gubernur Jambi, H Zumi Zola, yang turun ke lokasi banjir berusaha membujuk si ibu, agar mau dievakuasi bersama bayi dan keluarganya. Si ibu akhirnya pasrah, khawatir banjir semakin besar.

Zola menggendong sendiri bayi itu, menerebos genangan banjir menuju daerah lebih tinggi. Ia juga memeriksa rumah-rumah lainnya. Banyak warga terjebak, ada juga yang memilih tetap bertahan di rumah.

Bayi dan anak-anak yang terjebak banjir lebih diutamakan. Zola mengecek langsung rumah-rumah yang memiliki bayi dan balita. Mereka dievakuasi dengan perahu karet milik badan penanggulangan bencana.

“Yang sangat saya khawatirkan itu masalah kesehatan para bayi dan anak-anak balita. Mereka sulit dievakuasi ketika rumahnya sudah terendam,” ujar Zola.

Menurut Zola, banjir disebabkan banyaknya saluran air atau drainase tersumbat. Ia menghimbau warga kedepannya tidak lagi membuang sampah ke saluran air dan sungai.

Zola belum bisa memastikan akan mendirikan posko bencana atau tidak. Namun, jika diperlukan, Pemprov Jambi sudah siap. Yang penting saat ini mengantisipasi dampak banjir terhadap kesehatan warga.

Orin, warga RT 56 Kenali Besar, mengaku kaget melihat banjir kali ini. Pasalnya, banjir ini sangat besar dibanding sebelumnya. Ia terpaksa mengungsi bersama anggota keluarganya yang lain.

Banjir di Kota Jambi juga merendam bangunan sekolah dasar dan sejumlah fasilitas umum lainnya. Rumah-rumah yang terendam ketinggian airnya mencapai 1,5 – 2 meter. (infojambi.com)

Laporan : Yudi Pramono

 

Kategori Lensa,Provinsi

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.