Terobos Bukit di Merangin, Tentara Menjawab Harapan Warga

Laporan: Jefrizal || Editor:  Rahmad

Jalan ini adalah akses utama penghubung antara kecamatan Bangko Barat dengan Kecamatan Tiang Pumpung. (Ist)

INFOJAMBI.COM – TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD ke-111 Kodim 0420 Sarko dilaksanakan di Desa Bukit Beringin Kecamatan Bangko Barat, Kabupaten Merangin.

Bertemakan Sinergi Membangun Negeri, personel Kodim 0420 Sarko sejak akhir bulan Mei tanpa lelah telah melakukan pra TMMD.

Berbagai sasaran fisik akan dikerjakan dilokasi TMMD salah satunya adalah peningkatan pembangunan jalan sepanjang 7,5 kilometer yang selama tak tersentuh pemerintah.

Jalan ini adalah akses utama penghubung antara kecamatan Bangko Barat dengan Kecamatan Tiang Pumpung.

Jalan kabupaten ini kondisinya sangat parah dan tidak bisa dilalui, bukan saja karena kondisinya berbukit namun juga kondisi tanah yang labil hingga jalan tersebut menjadi kubangan hingga kedalaman antara satu hingga dua meter, kondisi ini terjadi di tiga titik sepanjang sekitar dua kilometer.

Jalan tersebut selama puluhan tahun tak bisa dilalui, warga sekitar untuk tetap beraktivitas mengeluarkan hasil bumi seperti getah karet dan kelapa sawit.

Mereka harus mencari jalan alternatif yang kondisi sangat parah, bahkan untuk melintasi jalan ini diperlukan tenaga ekstra dan juga waktu yang panjang hingga tiga jam lamanya.

Margnono warga Desa Bukit Beringin saat ditemui media ini dilokasi pembangunan jalan program TMMD ke 111 Kodim 0420 Sarko mengatakan jika dirinya tak membayangkan jika jalan ini akan dibangun oleh TNI.

“Alhamdulillah doa saya akhirnya terkabul, saya tak membayangkan jalan ini akan dibangun, kami sebagai warga hanya bisa pasrah hingga terkadang kami terbenam didalam lumpur saat mengeluarkan hasil panen. Tapi saat ini kami sangat terbantu dengan hadirnya bapak-bapak TNI, mereka datang tanpa lelahnya membangun jalan kami”kata Margono, Senin (14/6/2021).

Sementara itu, Kapten Inf Suhari Perwira Pengawas program pembangunan jalan mengatakan jika lokasi jalan yang dibangun ini cukup ekstrim.

“Lokasinya berbukit, tanahnya juga labil. Kami menurunkan tiga alat berat untuk membangun jalan ini. Tidak ada kata lelah, kami akan berbuat terbaik untuk masyarakat, kami hadir bersinergi dengan warga hanya untuk membuka keterisoliran warga yang selama ini kurang perhatian terkait pembangunan terutama jalan sebagai urat nadi perekonomian,” jelas Suhari.

Sementara itu ditempat terpisah Dandim 0420 Sarko Letkol Tomi RD Lubis mengatakan, selain jalan, banyak lagi sasaran fisik yang dikerjakan dilokasi TMMD ini.

“Bukan saja jalan, namun kita juga merenovasi rumah tidak layak huni, merehap PAUD, membuat MCK Umum, membangun pos jaga, membangun tugu dan masih banyak lagi sasaran fisik lainnya. Selain itu kita juga akan melaksanakan sasaran non fisik, seperti memberikan penyuluhan, bantuan kesehatan dan masih banyak lagi kegiatan kemasyarakatan yang semuanya bertujuan untuk meringankan beban masyarakat. Dengan sinergi membangun negeri, Kodim 0420 Sarko siap membuka keterisoliran warga,” Tomi menjelaskan.

Kategori Daerah

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.