Tidak Lockdown, Pemkab Tanjabtim Batasi Keluar Masuk Wilayah

Penulis : Tim Liputan || Editor : Redaksi

INFOJAMBI.COM — Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur dalam mencegah masuknya coronavirus disease 2019 (covid-19) masuk ke Bumi Sepucuk Nipah Serumpun Nibung.

Salah satunya pembatasan keluar masuknya orang ke wilayah Tanjabtim. “Sejalan dengan kebijakan pemerintah pusat, tidak boleh lockdown dan mengkarantina wilayah,” kata Sekda Tanjabtim, Sapril.

Ada tiga titik pintu masuk yang didirikan pos penjagaan, yakni jalur masuk di Kecamatan Berbak, Geragai dan Mendahara Ulu. Seluruh stakeholder dilibatkan dalam pos penjagaan ini.

“Orang yang masuk ke Tanjabtim diperiksa kesehatannya sesuai standar kesehatan,” ungkap Sapril.

Sapril menjelaskan, masyarakat harus tahu kebijakan pembatasan yang dilakukan pemda. Bukan lockdown, tapi memperketat pemeriksaan kesehatan orang yang masuk ke Tanjabtim.

Terkait banyaknya masyarakat Tanjabtim yang sekolah di luar daerah, karena kebijakan pemerintah harus diliburkan, naka mereka pulang ke kampung. “Ini perlu diwaspadai,” ujar Sapril.

Personil perusahaan yang keluar masuk Tanjabtim diimbau agar berperilaku hidup sehat dan rajin cuci tangan dengan sabun. Kendaraanya harus disemprot dengan disinfektan.

Orang Tanpa Gejala (OTG) yang datang dari luar Tanjabtim, atau dari daerah pandemi covid-19, jangan sampai melewatkan tes kesehatan di pos masuk.

Sapril mengakui ada dampak ekonomi dengan berlakunya pengetatan jalur masuk Tanjabtim. Namun dampak itu belum terlihat, karena kegiatan pasar kalangan di Tanjabtim masih berjalan.

“Pedagang peralatan rumah tangga yang datang dari luar diimbau tidak masuk dulu ke Tanjabtim. Pedagang sembako silahkan masuk,” katanya.

Langkah yang dilakukan Pemkab Tanjabtim ini semata-mata agar virus corona tidak masuk dan tidak menular ke masyarakat Tanjabtim.

Aparat pemerintahan, dari tingkat bawah sampai atas, harus waspada dengan orang luar yang baru masuk ke Tanjabtim.

Pemkab Tanjabtim telah menyiapkan fasilitas kesehatan di puskesmas dan RSUD Nurdin Hamzah, seperti 12 ruangan isolasi. Sejauh ini di Tanjabtim belum ada pasien positif covid-19. ***

Kategori Tanjung Jabung Timur

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.