Selasa, 22 Agustus 2017 | 02:40

Tiga Juta Umat Islam Gelar Do’a dan Dzikir Bersama

Aksi umat Islam memprotes penistaan agama
Aksi umat Islam memprotes penistaan agama

JAKARTA — Umat Islam membludak menghadiri Do’a dan Dzikir Bersama, di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, hari ini. Diperkirakan tiga juta umat Islam memadati kawasan Monas, Mesjid Istiqlal dan Bundaharan HI.

Jelang “Aksi 212” ini, semalam ribuan massa menginap di halaman Mesjid Istiqlal. Massa datang tidak hanya dari Jakarta dan sekitarnya, tapi juga dari seluruh daerah di Indonesia, seperti Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi.

Dalam aksi ini massa mendapat bantuan makanan dan minuman dari warga lainnya. Puluhan mobil datang ke Mesjid Istiqlal mengantarkan konsumsi untuk massa aksi. Selain itu juga ada bantuan air bersih.

Wakil Ketua MPR, H Hidayat Nurwahid, memastikan peserta aksi Bela Islam III ini berlangsung damai. Aksi ini murni wujud dari kecintaan umat Islam terhadap keutuhan NKRI. Tidak ada agenda lain.

Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Suntana, menjelaskan, ratusan petugas medis dan mobil tim kesehatan masuk ke kawasan Monas sejak tadi malam. Massa juga diizinkan mendirikan tenda-tenda di sekitar lokasi aksi.

Selain itu, juga disiapkan armada pemadam kebakaran, untuk menyediakan air wudhu. Dalam aksi ini umat Islam akan melaksanakan ibadah shalat Jum’at. Pintu Monas di jalan Medan, Jakarta Barat, akan ditutup.

Aksi 212 diorganisir oleh Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI), dipimpin oleh Front Pembela Islam (FPI) dan diikuti sejumlah organisasi massa.

Aksi Bela Islam III ini diisi dengan dzikir dan shalat Jum’at di Lapangan Monas. Lokasi itu disepakati oleh polisi dan GNPF-MUI, dalam pertemuan yang difasilitasi oleh MUI. Sebelumnya dilakukan aksi serupa pada tanggal 11 Nopember lalu.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, apangan Monas dipilih karena dapat menampung sekitar 700 ribu orang. Jika jumlah massa membludak, telah disiapkan lokasi tambahan di Jalan Merdeka Selatan. (infojambi.com/D)

Laporan : Bambang

 

Kategori Lensa

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.