Tingkatkan Kualitas Perencanaan Perkotaan, Fasha Kerjasama dengan LAPAN

INFOJAMBI.COM – Sebagai salah satu dari 25 kota percontohan yang terpilih dalam pengimplementasian konsep Kota Pintar di Indonesia, Kota Jambi semakin mantap menunjukkan progress kualitas perencanaan kota berbasis Smart City.

Sebagai salah satu bagian dari road map action plan Smart City di Kota Jambi tersebut, Pemerintah Kota Jambi telah mengimplementasikan pemanfaatan GIS
(Geographic Information System) untuk meningkatkan kualitas analisa dan perencanaan di Kota Jambi.

Hal tersebut mengemuka saat Wali Kota Jambi DR. H. Syarif Fasha, ME menandatangani perjanjian kerjasama strategis dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) di Jakarta, Jumat (24/11).

Penandatanganan perjanjian kerja sama yang langsung dilakukan oleh Wali Kota Jambi Syarif Fasha bersama Dr. Orbita Roswintiarti, M. Sc Deputi Penginderaan Jauh tersebut berlangsung di kantor Pusat Teknologi Data Penginderaan Jauh LAPAN.

Sebelumnya, sebagai langkah awal implementasi kerjasama strategis tersebut, Pemkot Jambi melalui Dinas PU dan Penataan Ruang telah mengirimkan 20 orang ASN Pemkot Jambi mengikuti Bimtek Pengolahan dan Penginderaan Jarak Jauh untuk Pemetaan Wilayah Kota Jambi di lembaga ilmu antariksa dan penerbangan kebanggaan bangsa Indonesia tersebut.

Oleh karenanya bersamaan dengan penandatanganan MoA tersebut, Wali Kota Fasha juga berkesempatan sekaligus menutup secara resmi kegiatan Bimtek yang telah berlangsung sejak tanggal 20 November 2017 lalu.

Dalam sambutannya dihadapan pejabat LAPAN dan peserta Bimtek, Wali Kota Fasha berharap kemitraan strategis tersebut dapat bermanfaat bagi perkembangan kualitas perencanaan di Kota Jambi.

“Saat ini Kota Jambi adalah salah satu dari 25 kota yang terpilih dalam program Nasional 100 Smart City. Ini merupakan komitmen dan keseriusan kita untuk meningkatkan citra Kota Jambi yang lebih smart di dalam penyelenggaraan pemerintahaan dan pelayanan publik. Termasuk juga pemanfaatan GIS ini untuk mengoptimalkan kualitas perencanaan, potensi wilayah dan juga berbagai hal yang terkait dengan spasial, data dan informasi perkotaan di Tanah Pilih Kota Jambi,” ujar Fasha.

Wali Kota Fasha juga turut mengapresiasi LAPAN yang telah berkomitmen mendukung Pemkot Jambi kedepannya.

“Apresiasi dan terima kasih kami kepada Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional atas kerjasama dan kesediaannya untuk meningkatkan kapasitas SDM Aparatur Pemerintah Kota Jambi dibidang GIS dan kemitraan strategis lainnya dalam turut membangun Kota Jambi. Kiranya kedepannya kita terus dapat meningkatkan kerjasama ini,” harap Fasha.

Sementara itu ditempat yang sama, pihak LAPAN, melalui Deputi Penginderaan Jauh, Dr. Orbita Roswintiarti, M. Sc., menyerahkan peta digital penginderaan jauh satelit Kota Jambi dan kawasan Perkantoran Wali Kota Jambi. Disela-sela acara itu, Wali Kota segudang prestasi dan inovasi itu juga sempat diajak pihak LAPAN untuk berkeliling meninjau berbagai keunggulan Teknologi Data Penginderaan Jauh milik Indonesia itu. (***)

 

Kategori Kota Jambi

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.