Senin, 17 Desember 2018 | 22:05

Tingkatkan Pendapatan, SKK Migas – PetroChina Latih Petani Gunakan Mesin Pres Pelepah Pinang

Penulis : Willy
Editor : DoRa

INFOJAMBI.COM — Pasca diserahkannya empat unit mesin pres pelepah pinang dari SKK Migas – PetroChina ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Kabupaten Tanjab Timur, sejumlah petani pinang dibekali pelatihan mengoperasikan peralatan tersebut.

Pelatihan dilaksanakan di kantor Dinas Nakertrans Tanjab Timur, kawasan KTM Geragai, Tanjab Timur, Kamis (6/12/2018) siang. Pelatihan diikuti 20 peserta utusan sejumlah kelompok tani dari beberapa kecamatan di Kabupaten Tanjab Timur.

Pelatihan diberikan sekaligus untuk melihat kecakapan masing-masing kelompok tani dalam menggunakan peralatan tersebut kelak. Kepala Dinas Nakertrans Tanjabtim, Mariontoni menjelaskan, empat peralatan yang diberikan PetroChina melalui CSR itu untuk sementara ditempatkan di Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Nakertrans Tanjab Timur.

“Pelatihan dilaksanakan dalam beberapa waktu kedepan. Sementara di sini dulu, kami latih dulu semua kelompok yang berminat secara bergantian, nanti setelah optimal baru didistribusikan,” kata Mariontoni.

Mengenai pelepah pinang hasil pres, menurut Mariontoni cukup prospektif. Saat ini permintaan pasar cukup tinggi. Pelepah pinang hasil pres salah satunya digunakan sebagai bahan baku stereofom, yang selama ini dikenal sebagai kemasan berbagai produk.

“Soal pasar kita optimis dapat berpartisipasi, karena itu kita juga menggandeng disperindag dan sejumlah pelaku usaha terkait,” jelas Mariontoni.

Acara pelatihan juga dihadiri oleh Sekda Tanjab Timur, Sapril, dan Field Manager PetroChina, Chandra Jaya. ***


Kategori Petrochina

Tags:

1 Judul Komentar

  1. Pingback: Tingkatkan Pendapatan, SKK Migas – PetroChina Latih Petani Gunakan Mesin Pres Pelepah Pinang - www.ketapang.info

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.