Tingkatkan Produktifitas Perkebunan, Jambi dan Norwegia Jalin Kerjasama

Gubernur Jambi menerima investor Norwegia || foto : roni

KOTAJAMBI – Demi meningkatkan produktifitas di bidang perkebunan, Gubernur Jambi, H. Zumi Zola Zulkifli menjalin kerjasama dengan investor dari berbagai negara, diantaranya dengan IDH (The Sustainable Trade Initiative) dari Norwegia.

Pertemuan singkat dihadiri langsung oleh orang nomor satu di Provinsi Jambi tersebut diselenggarakan di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Jum’at (7/4).

Zola mengatakan, inti pertemuannya berdiskusi, guna membahas permasalahan peningkatan produktifitas perkebunan masyarakat, yang berhubungan dengan pendapatan dan pelestarian alam.

“Ada 8 negara tergabung dalam IDH, kantor utamanya di Belanda. Kami membahas beberapa target bagaimana produktifitas perkebunan masyarakat meningkat. Itu berhubungan dengan pendapatan dan pelestarian alam,” ujar Gubernur.

Zola menyampaikan, langkah selanjutnya membentuk grand desain dan pelaksanaannya. Semuanya terletak pada 11 kabupaten/kota. yang ada di Provinsi Jambi. Bentuk kegiatannya akan mendukung program ini melalui dinas kehutanan,” ucap Gubernur.

Zola berharap masyarakat Jambi mendukung program ini. Bila dalam program ini nanti ada persoalan, misalnya pembebasan lahan, karena kerjasama yang dijalin ini juga terbuka untuk berbagai sektor.

“Tinggal bagaimana pihak investor (donatur) melihat skema bisnisnya, mana yang bagus dan terbaik. Kami juga harus memastikan dari program ini apa yang masyarakat Jambi dapat. Ada mutualisme di situ, dua-duanya untung,” pungkas Gubernur. (infojambi.com/d)

Laporan : Zainal Mahyudi

 

Kategori Provinsi

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.