Tingkatkan Profesional Prajurit, Korem 042/Gapu Gelar Latihan Uji Terampil Perorangan

Penulis : Tim Liputan || Editor : Wahyu Nugroho

INFOJAMBI.COM – Dalam Pembinaan Latihan, bahwa apa yang diajarkan itu yang dilatihkan, dan apa yang dilatihkan itu yang diujikan. Prajurit Korem 042/Gapu mengakhiri program latihan perorangan dasar (Latorsar) dengan pelaksanaan UTP Umum, yang diselenggarakan selama 3 hari sejak 3 hingga 5 Maret 2020 dan pelaksanaannya di pusatkan di lapangan apel dan lapangan bola Korem 042/Gapu Jambi, serta sesuai dengan kalender latihan tahun 2020 yang menjadi dasar penyelenggaraannya.

Menurut Kepala Penerangan Korem 042/Gapu RM Hatta Selasa (3/3/2020), tujuan dari Latihan UTP Umum ini antara lain untuk menguji prajurit dalam melaksanakan tugas sesuai jabatan dalam rangka mendukung tugas pokok satuan, didapatnya suatu data kuantitatif yang valid tentang pemahaman dan penguasaan prajurit terhadap pengetahuan dan keterampilan umum serta jabatan sesuai tingkat keterampilannya untuk kepentingan personel dan pembinaan latihan.

Selama pelaksanaan Latorsar dengan materi yang bersifat keterampilan militer perorangan, seperti Teknik Tempur Dasar, Navigasi Darat, Pertolongan Pertama di Lapangan, Pengetahuan Senjata Ringan, 5 Kemampuan Teritorial, Binwanwil, Binkomsos, Ketatalaksanaan Binter dan lain–lain, yang berpedoman pada Buku Petunjuk Umum Prajurit ( BPUP ) dari tingkat kecakapan 1 sampai dengan tingkat kecakapan 7 dimana semua tingkat kecakapan tersebut diperuntukkan bagi para Bintara dan Tamtama, dan BPUP tersebut merupakan buku petunjuk standarisasi yang dikeluarkan oleh Mabesad guna menjamin kesamaan penguasaan materi perorangan, ujar Hatta.

Kegiatan latihan ini diikuti oleh seluruh prajurit golongan Bintara dan Tamtama, sedangkan bertindak sebagai penguji materi adalah Para Perwira Kima Korem 042 dengan materi UTP yang sudah disiapkan sesuai dengan Rencana Garis Besar (RGB) yang berpedoman pada Buku Petunjuk Penyelenggaraan UTP Umum.

Guna menambah dan meningkatkan keterampilan prajurit satuan komando kewilayahan, maka materi UTP ditambahkan dengan berbagai persoalan yang sering terjadi diwilayah tugasnya, seperti antisipasi penanggulangan bencana, berbicara efektif dalam berpidato dan lain–lain keterampilan yang bersifat aplikatif sesuai tantangan tugas yang dihadapi satuan.

Komandan Kima Korem 042/Gapu Kapten Inf Mujiono saat memimpin Kegiatan UTP Umum menyampaikan bahwa kegiatan latihan ini adalah merupakan program rutin yang wajib dilaksanakan setiap tahun dengan baik, namun bukan berarti bahwa latihan hanya bersifat seremonial semata. Tetapi UTP Umum ini merupakan tahap latihan untuk menguji keterampilan perorangan dari materi yang telah diperoleh dan dilatihkan pada tahap Latorsar (Latihan Perorangan Dasar), sehingga hasil yang di capai dapat digunakan sebagai acuan dan bahan evaluasi dalam pelaksanaan latihan kelompok yang harus dilaksanakan pada tahap latihan berikutnya sesuai kalender latihan satuan.

Oleh karena itu, laksanakan kegiatan ini dengan sungguh–sungguh dengan mengerahkan segenap keterampilan dan kemampuan yang dimiliki, serta utamakan faktor keamanan personel dan materiil, sehingga kegiatan UTP Umum dapat merefleksikan motto Prajurit Sejati, Profesional dan di Cintai Rakyat,” pungkasnya. (penremgapu)

Kategori Lensa

Tags: ,,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.