Rabu, 14 November 2018 | 18:34

Tinta Pencetak e-KTP Tak Ada, Dukcapil Merangin Tak Bisa Cetak e-KTP

Laporan Jefrizal

Kesibukan Dukcapil Merangin saat melayani masyarakat mengurus e-KTP (foto Jefrizal)

INFOJAMBI.COM – Banyaknya permintaan pencetakan baru e-KTP di Kantor Dukcapil Merangin, membuat pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil kewalahan untuk melakukan pecetakan e-KTP baru. Akibat banyaknya cetak baru e-KTP membuat stok tinta untuk mencetak e-KTP habis.

Habisnya tinta pencetak e-KTP terjadi dari hari Selasa (2/10/2018),dimana dalam satu tinta hanya bisa mencetak 400 e-KTP, namun karna permintaan untuk pencetakan e-KTP baru sangat banyak membuat tinta E-KTP habis diluar target yang ditentukan.

Kini bagi warga yang mempunyai keperluan mendesak untuk menggunakan e-KTP, pihak Dukcapil Merangin hanya bisa mengeluarkan surat keterangan jika memang masyarakat tersebut adalah warga Kabupaten Merangin.

Pihak Dukcapil sudah berjanji akan memesan tinta e-KTp tersebut sebanyak 36 tinta di dalam anggaran daerah perubahan. Pihak Dukcapil menjelaskan sudah 45 tinta yang habis selama satu tahun ini, bahkan sudah 3 juta e-KTP baru di cetak dalam satu tahun ini.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jailani, membenarkan jika pencetakan e-KTP terkendala oleh tinta, sebab dirinya sudah berusaha meminjam tinta ke Kabupaten tentangga untuk menanggulangi terlebih dahulu, namun pihak Kabupaten tetangga tidak bisa meminjamkan kembali dikarenakan tinta-tinta yang di pinjam selama ini belum di ganti oleh Dinas Dukcapil Kabupaten Merangin.

“Bulan lalu kita sudah pernah meminjam tinta untuk mencetak e-KTP ke Kabupaten Bungo,Sarolangun,Kerinci dan Kota Jambi.Untuk saat ini tidak mungkin kita meminjam kembali jika tinta yang kita pinjam terdahulu belum kita ganti,”jelas Jailani,  Kamis(4/10/2018).

Jailani juga mengatakan, untuk anggaran perubahan tahun ini kita sudah menganggarkan 36 tinta untuk mencetak e-KTP,dimana nantinya 30 tinta untuk menganti pinjaman ke Kabupaten Tentangga,dan sisanya akan kita gunakan.

“Mungkin dalam waktu satu atau dua minggu ini kita bisa mencetak baru e-KTP,dan jika warga ada keperluan mendesak terpaksa kita keluarkan suket pengganti e-KTP,”tutupnya.***

Editor Wahyu Nugroho


Kategori Merangin

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.