Sabtu, 23 Februari 2019 | 20:22

TMMD 103 di Tanjabtim, Ini Kegiatannya….

Laporan Tim Liputan

Silaturrahmi Dandim 0419/Tanjab dengan sejumlah pimpinan media di Jambi (foto : ist)

INFOJAMBI.COM — Dandim 0419/Tanjung Jabung, Letkol Inf Muhammad Arry Yudistira bersilaturrahmi dengan sejumlah pimpinan media, di Kota Jambi, Rabu (18/10/2018). Turut hadir Pasi Intel Kodim Tanjab, Kapten Inf Suseno.

Dalam pertemuan santai ini, Arry memaparkan tentang kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103, di Kelurahan Mendahara Ilir, Kecamatan Mendahara, Tanjung Jabung Timur. TMMD 103 sudah dimulai sejak 15 Oktober lalu.

Arry menjelaskan, kegiatan TMMD menyasar desa-desa terpencil dan sulit diakses. Tujuannya membangun konektivitas dan aksesibilitas antar wilayah. “TNI kuat karena dukungan rakyat,” ujar lulusan Akmil 2000 ini.

Program TMMD terlaksana berkat kerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri. Infrastrukturnya didukung penuh oleh pemerintah daerah, sementara tenaga dari TNI. Jika infrastruktur dibiayai satu miliar rupiah, semuanya untuk infrastruktur. Tidak ada biaya tenaga, karena tenaga dari TNI.

Sejumlah kegiatan dilakukan pada TMMD 103 di Tanjabtim. Kegiatan fisiknya berupa pembukaan jalan dari Dusun Sungai Ayam ke Desa Sinar Kalimantan sepanjang 2, 2 kilometer. Pembukaan jalan ini untuk memudahkan akses darat menuju ibukota Kecamatan Mendahara.

Untuk kegiatan non fisik, dijalani dengan kolaborasi antara TNI, Polri, pemda, instansi vertikal dan swasta. Bentuk kegiatannya meliputi penyuluhan pertanian, perikanan, budaya hidup sehat, wawasan kebangsaan, trantib, lingkungan hidup, pendidikan dan listrik.

Selain itu juga dilaksanakan pemberian bantuan pada masyarakat, seperti bantuan sembako, bantuan sarana produksi pertanian, perlengkapan sekolah, alat perikanan, bantuan Alquran dan sertifikat tanah serta pelayanan sosial sunat massal, pemberian vaksin anti rabies, donor darah dan pelayanan KB.

Juga diisi penyuluhan dan sosialisasi pengolahan persampahan, penyuluhan alat tangkap ikan ramah lingkungan, penyuluhan farentik kepada orang tua murid PAUD, penyuluhan program sertifikasi tanah, penyuluhan pemasangan instalasi baru, sosialisasi sensus penduduk 2020 dan penanganan karhutla. ***

Editor : IJ2


Kategori Tanjung Jabung Timur

Tags: ,

1 Judul Komentar

  1. Pingback: TMMD 103 di Tanjabtim, Ini Kegiatannya…. - www.ketapang.info

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.