TMMD Bantu Percepatan Pembangunan Daerah

Penulis : Tim TMMD || Editor : Redaksi

INFOJAMBI.COM — TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan program milik TNI yang turut membantu percepatan pembangunan di daerah.

Untuk itu, pers di Jambi memberikan apresiasi yang tinggi terhadap program TMMD 110 Kodim 0415/Batanghari.

Hal ini diungkapkan Pemimpin Redaksi Jambi Independent, Risza Saputra Bassar, saat meninjau lokasi TMMD Reguler 110, di Desa Sungaiterap, Kumpeh Ulu, Muarojambi, kemarin.

“TMMD merupakan salah satu solusi mewujudkan ketahanan nasional. Kegiatan ini juga komitmen pengabdian TNI kepada rakyat Indonesia dalam mengimplementasikan jati dirinya sebagai tentara profesional, tentara rakyat, tentara penjuang dan tentara nasional, sesuai Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI,” ujar Risza.

Menurut Risza, melalui karya bakti, TNI menunjukkan hakekat kemanunggalan, keseriusan, dan kinerja optimalnya terlibat langsung dalam berbagai upaya mensukseskan program percepatan pembangunan di daerah. Pada dasarnya kemanunggalan TNI tidak lepas dari sejarah perjuangan bangsa.

“Atau sangat tepat dikatakan TNI lahir dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. TNI dan rakyat bagaikan dua sisi mata uang, saling melengkapi dan membutuhkan,” tambah Risza.

Risza menuturkan, karya bakti TNI berupa TMMD merupakan salah satu wujud Operasi Bhakti TNI yang merupakan program terpadu lintas sektoral, antara TNI dengan kementerian, lembaga pemerintah non kementerian dan pemerintah daerah, serta komponen bangsa lainnya.

Dengan adanya program ini, diharapkan dapat mendorong akselerasi pembangunan di beberapa daerah tertinggal dan yang terkena bencana.

Program TMMD tahun ini mengangkat tema “TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri”. Program TMMD Reguler 110 dilaksanakan di dua kecamatan di Kabupaten Muarojambi selama 30 hari, 2 – 31 Maret 2021, dengan melibatkan TNI, Polri, pemerintahan, maupun komponen masyarakat lainnya.

Media di Jambi akan terus bersinergi bersama TNI dalam mengedukasi dan memotivasi masyarakat memperluas pemberitaan TMMD 110 Kodim 0415/Batanghari.

Komandan Satuan Tugas TMMD Reguler 110, Kolonel Inf J Hadiyanto melalui Pasiter Mayor Inf Beni mengatakan, jumlah personel satgas TMMD 110 sebanyak 150 orang, terdiri dari unsur TNI, Polri, dan Pemkab Muarojambi.

TMMD reguler ini memiliki sasaran pembangunan fisik maupun non fisik. Untuk sasaran fisik diantaranya pembukaan jalan desa, jembatan kayu, gorong- gorong, rehab pos kamling, rehab rumah tidak layak huni dan pengecatan masjid.

Sedangkan kegiatan non fisik, pemberian materi bela negara dari Kodim 0415 Batanghari, penanggulan bahaya narkoba dan pencegahan paham radikalisme dari Polres Muarojambi, dan materi lainnya. ***

Kategori Muaro Jambi

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.