Rabu, 14 November 2018 | 18:31

TMMD Bentuk Pengabdian Prajurit Wujudkan Pembangunan Pedesaan

Laporan Tim Liputan

INFOJAMBI.COM – Selain tugas operasi militer di medan pertempuran untuk menjaga keutuhan negara di tubuh setiap anggota prajurit TNI, juga melekat pengabdian pada masyarakat dalam bentuk TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) dengan cara membangun hingga pedesaan.

Melalui pembangunan ini masyarakat dapat menikmati secara merata sampai pelosok, sehingga roda perekonomian bisa berjalan baik. Pengembangan daerah kampung-kampung yang terisolir menjadi bagian penting untuk membantu pemerintah daerah mengentaskan ketertinggalan.

Hingga 13 November 2018, Kodim 0419/Tanjab berkekuatan 150 personil laksanakan program TMMD Ke-103 di dusun Sungai Ayam desa Pangkal Duri kecamatan Mendahara kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Kampung tersebut menjadi titik lokasi mengingat minimnya akses, baik infrastruktur jalan, air bersih dan rumah-rumah yang tak layak huni. Jalan contohnya menjadi hal vital bagi warga dusun Sungai Ayam. Akses jalan mampu meningkatkan pergerakan ekonomi 72 kepala keluarga dengan sekitar 500 jiwa yang bernaung disana.

“TMMD ini akan berlangsung sejak tanggal 15 Oktober sampai dengan 13 Nopember 2018, program-program yang kita jalankan disamping sasaran kegiatan berbentuk Kegiatan Fisik pembukaan badan jalan dari Dusun Sungai Ayam menuju Desa Sinar Kalimantan dengan perkiraan sepanjang 2.550 Meter. Pembukaan Jalan ini diharapkan nantinya memudahkan akses darat menuju ibu kota Kecamatan Mendahara,” jelas Dandim 0419/Tanjab.

Dandim menjelaskan, TMMD adalah salah satu wujud operasi Bhakti TNI, merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan lembaga Pemerintah non departemen, Pemda serta komponen bangsa lainnya. Dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat, guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan. Khususnya daerah yang tergolong tertinggal, terisolasi, perbatasan dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena dampak akibat bencana

Kegiatan nonfisik dijalani dengan kolaborasi antara unsur TNI, Polri, Pemda Instansi Vertikal dan Swasta dengan bentuk kegiatan meliputi pelaksanaan penyuluhan pertanian, perikanan, budaya hidup sehat, wawasan kebangsaan, trantib, lingkungan hidup, pendidikan dan listrik. ***


Kategori Tanjung Jabung Timur

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.