Sabtu, 23 Februari 2019 | 20:20

TNI dan Kepolisian Daerah Jambi Siap Amankan Jalannya Pemilu 2019

Penulis : Wahyu
Editor : Wahyu Nugroho

Jalannya latihan pengamanan Pemilu 2019 (foto Wahyu)

INFOJAMBI.COM – Lapangan Makoram 042 Garuda Putih Jambi, Jumat (1/2/2019) menjadi saksi bisu aksi unjuk rasa masyarakat yang tidak menerima hasil Pemilu 2019 yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi.

Aksi unjuk rasa masyarakat yang terus mendesak KPU agar melaksanakan tugasnya dengan adil dan jujur, akhirnya dapat dipukul mundur oleh aparat keamanan baik dari Kepolisian maupun dari TNI, yang mengerahkan kekuatannya baik personil maupun peralatan berat seperti mobil water canon atau penyemprot air untuk membubarkan para pengunjuk rasa.

Aksi unjuk rasa yang berlangsung sekitar satu jam itu, merupakan skenario latihan pengamanan Pemilu Legeslatif dan Presiden tahun 2019, yang dilaksanakan oleh jajaran Korem 042/Gapu dan Polda Jambi, dalam upaya menciptakan keamanan yang kondusif sepanjang pelaksanaan pemilu legislatif dan Presiden khususnya di Provinsi Jambi.

Latihan pengamanan pemilu yang berjalan lancar tersebut, dihadiri Danrem 042/Gapu, Kapolresta Jambi Kombes Pol Dover Christian, Plt Gubernur yang diwakili Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Asraf, Walikota diwakili Sekda Kota Jambi Ir Budi Daya dan jajaran TNI dan Polda Jambi lainnya.

Usai pelaksanaan latihan pengamanan tersebut Danrem Kolonel Arh Elphis Dany dihadapan seluruh jajarannya mengatakan, latihan ini dilaksanakan untuk memelihara atau memberikan kesiap-siagaan bagi jajaran Korem yang mendapat dukungan dari Polda, sampai terjadi yang terburuk sekalipun, seperti dalam latihan atau simulasi tadi, dan mudah-mudahan hal itu tidak akan terjadi sepanjang pelaksanaan pemilu legeslatif maupun Presiden tahun ini.

Menurut Elphis materi latihan yang sudah diberikan sebelumnya, adalah sosialisasi tentang undang undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu dalam kelas maupun dalam praktek dimana untuk TNI sendiri ada Komsos dan pembinaan ketahanan wilayah, yang tujuannya untuk memberikan atau menciptakan suasana kondusif, sehingga pelaksanaannya dapat berjalan dengan aman dan lancar, sehingga pemilu baik legeslatif maupun presiden dapat dilaksanakan dengan sukses.

Danrem 042/Gapu Kolonel Arh Elphis Rudy (tengah) saat memberi sambutan usai latihan pengamanan Pemilu 2019 (foto Wahyu)

Latihan ini menurut Elphis, sebenarnya tidak hanya dalam hal pengamanan fisik saja, tetapi juga yang berkaitan dengan teknik, prosedur dan mekanisme permintaan dan pemberian bantuan kepada polda, sehingga kita tahu siapa berbuat apa, dan tanpa pelatihan, nantinya dilapangan tidak akan sinkron. “Sinkronisasi kalau bisa selalu dilaksanakan, disinkronkan, disimulasikan, sehingga tidak terjadi ketidak sinkronan pada saat pelaksanaannya” kata Danrem.


Kategori Lensa

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.