TNI Tanam Ribuan Pohon Secara Serentak di Wilayah Jambi

PENULIS : RIFKY RHOMADONI
EDITOR : DODDI

INFOJAMBI.COM – Korem 042/Gapu melakukan penanaman pohon penghijauan dalam rangka HUT ke-74 TNI Tahun 2019, di Hutan Kota Muhammad Sabki, Kota Jambi, Rabu (2/10/2019).

Nampak hadir saat penanaman pohon Wakapolda Jambi Brigjen Pol CBS Nasution, Kasrem 042/Gapu Letkol Arh Hary Sassono Utomo, forkompinda Provinsi Jambi dan para undangan.

Kapenrem 042/Gapu, Mayor Inf Firdaus mengatakan, kegiatan penanaman pohon penghijauan secara serentak di jajaran Korem 042/Gapu ini merupakan bentuk kepedulian dan ungkapan rasa syukur terhadap lingkungan.

“Kita telah diberi Tuhan tanah yang subur dan alam yang kaya raya, namun sekarang ini telah terjadi dampak global warming. Bila tidak dirawat dengan baik akan menjadi petaka bagi anak cucu sebagai penerus bangsa,” kata Firdaus.

Firdaus mengatakan, berbagai upaya penyelamatan lingkungan rehabilitasi hutan dan lahan melalui konservasi tanah dan air serta reboisasi dan penghijauan, sudah tidak dapat ditunda lagi.

Bumi sudah menghadapi beberapa ancaman global yang serius, seperti yang baru saja dialami akibat kebakaran hutan dan lahan, yang mengakibatkan kabut asap tebal yang membahayakan kesehatan, terutama ISPA dan mengancam kekeringan serta kepunahan beberapa jenis flora dan fauna karena hujan tak kunjung datang.

“Kita patut bersyukur atas rahmat Tuhan yang maha kuasa yang telah mencurahkan hujan menyeluruh di wilayah provinsi Jambi saat ini, setelah itu kita juga harus waspada dengan ancaman global lainnya seperti, banjir erosi dan tanah longsor,” ujar Firdaus.

Perubahan iklim yang tidak menentu antara hujan dan panas menyebabkan banyaknya wabah penyakit yang hampir merata di setiap daerah seperti demam berdarah, diare dan malaria.

Mengingat dampaknya yang begitu luas, perlu komitmen bersama seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengatasi masalah ini. Upaya yang dilakukan diantaranya melakukan penanaman dan pemeliharaan pohon.

Menurut Mayor Inf Firdaus, penanaman pohon menjadi yang hal yang sangat penting karena pohon mampu menyerap CO2 dalam atmosfer. Selain itu pohon juga bermanfaat ganda bagi manusia dan lingkungan untuk mengatur tata air, menyuburkan tanah, menghasilkan buah-buahan dan kayu.

“Kami mengajak semua elemen masyarakat melalui semangat TNI dengan tema “TNI Profesional, Kebanggaan Rakyat” mari kita menanam pohon sebanyak mungkin dan terus pelihara lingkungan kita dengan melakukan gaya hidup hijau dan ramah lingkungan agar kita dapat hidup sehat dan sejahtera semoga pohon yang kita tanam saat ini nantinya dapat memberi manfaat dan membawa kemaslahatan bagi kehidupan kita bersama,” ucap Firdaus.

Firdaus mengatakan, sebanyak 50 ribu pohon penghijauan akan ditanam di wilayah kodim jajaran Korem 042/Gapu.

“Di Provinsi Jambi ini ada lima kodim, setiap kodim harus menanam 10 ribu pohon, jadi seluruh kodim jajaran Korem 042/Gapu menanam sebanyak 50 ribu pohon,” pungkas Firdaus. ***

Kategori Lensa

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.