Tol Sumatera, Apa Kabar ?…

Tol Lampung – Sabahbalau saat dikerjakan.

KOTAJAMBI — Program pemerintah pusat membangun Tol Trans Sumatera terus berjalan. Provinsi Jambi merupakan salah satu daerah yang dilintasi pembangunan jalan bebas hambatan sepanjang 2.818 kilometer itu.

Di sejumlah provinsi, realisasi proyek ini sudah mencapai puluhan persen. Masyarakat masing-masing daerah yang dilewati jalan tol, menyambutnya gembira. Mereka ikut mengawasi pelaksanaan proyek tersebut.

Beda dengan di Provinsi Jambi. Masyarakatnya terkesan tidak banyak tahu tentang perkembangan pembangunan jalan tol ini. Padahal, panjang jalan tol yang bakal melewati Jambi mencapai ratusan kilometer.

INFOJAMBI.COM mencoba mengumpulkan data tentang proyek Tol Sumatera ini, terutama yang berhubungan dengan Jambi. Tapi sayang, tidak satupun instansi di Pemprov Jambi yang memiliki data itu.

Data yang diperoleh dari wikipedia.org menyebutkan, jalan tol rencananya dibangun oleh PT Hutama Karya, menghubungkan Jambi – Rengat (Riau) sepanjang 190 kilometer, dan Jambi – Betung (Sumatera Selatan) sepanjang 190 kilometer.

Ditanya ke Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jambi, pimpinannya, Erwan Malik, hanya tahu jalan tol ini menghubungkan Jambi dengan Sumatera Selatan dan Riau.

“Jambi masuk perencanaan pembangunan jalan tol ini. Rutenya Jambi – Sumatera Selatan dan Jambi – Riau. Proyek ini wewenang pemerintah pusat,” kata Erwan seusai rapat bersama Gubernur Jambi, Jum’at (21/7).

Erwan menegaskan bahwa Pemprov Jambi mendukung pembangunan jalan tol di Jambi. Cuma sayang, ia tidak menjelaskan bentuk dukungan itu. Sejauhmana realisasi pembebasan lahan yang menjadi tanggung jawab Pemprov Jambi masih misteri.

Menurut Erwan, titik- titik lokasi di Provinsi Jambi yang akan dilalui Tol Sumatera ditentukan oleh pemerintah pusat. Termasuk soal anggaran, semua ditanggung oleh APBN.

“Jumlah anggaran untuk jalan tol ini pemerintah pusat yang menentukan. Ini masih tahap perencanaan,” kata Erwan yang juga menjabat Plt Sekda Provinsi Jambi.

Gubernur Jambi, Zumi Zola, sepertinya tidak banyak tahu perkembangan jalan tol itu. Saat rapat bersama jajaran Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Jambi, Jum’at (21/7), ia juga menanyakan masalah ini.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Jambi, Dody Irawan ST MT, menjelaskan, jalan tol Sumatera Selatan – Jambi – Riau masih dalam tahap koordinasi dengan pemerintah pusat.

Menurut Dody, nanti pihak Kementerian PU dan Balai Besar Jalan Nasional yang akan menjelaskan langsung perkembangan proyek jalan tol ini ke Gubernur Jambi.

“Tol Jambi – Riau aman. Hanya saja untuk Palembang – Jambi ada sedikit problem,” kata Dody. (infojambi.com)

Titik-titik pembangunan jalan Tol Trans Sumatera.

Laporan : Doddi Irawan – Yudi Pramono

 

 

 

Kategori Ekonomi dan Bisnis

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.