Transaksi Pasar Ramadan dan Pasar Bedug di Sungai Penuh Tembus 13 Miliar

PENULIS : RHOMI EFENDI
EDITOR : WAHYU NUGROHO

INFOJAMBI.COM – Di Kota Sungai Penuh setiap datang bulan puasa selalu hadir pasar Ramadan dan pasar beduk. Disini, berbagai kebutuhan puasa dijual, mulai dari takjil hingga pakaian untuk lebaran.

Perputaran uang di pasar bedug dan pasar Ramadan di Kota Sungai Penuh dari sejak dibuka pada awal Ramadan hingga berakhir nanti, diperkirakan mencapai Rp13,5 Miliar.

Kepala Bidang Pengelolaan Pasar Disperindag Kota Sungai Penuh, Dedi Iryanto, mengatakan, kondisi ini dilihat dari banyaknya jumlah orang yang berbelanja di pasar Ramadan dan pasar bedug ini, baik pelanggan dari Kota Sungai Penuh maupun pelanggan yang berasal dari Kabupaten Kerinci.

Ia merincikan, Pemerintah Kota Sungai Penuh sudah menyediakan sekitar 300 lapak di pasar Ramadan ini, jika diratakan omset pedagang minimal Rp1,5 juta per hari dikalikan 300 lapak dan hasilnya Rp450 juta transaksi per harinya.

“Perkiraan ini berdasarkan jumlah lapak pedagang yang kami sediakan sebanyak 300 lapak, jadi jika omset pedagang minimal Rp1,5 juta perhari dikalikan jumlah lapak dan dikalikan 1 bulan, itu sudah lebih dari Rp. 13 Milyar,” ujar Dedi, Rabu (29/5/2019).

Pihaknya juga sempat menanyakan langsung kepada pedagang yang ada di pasar Ramadan ini. Omset perharinya mulai Rp500 ribu hingga jutaan rupiah. Ada seorang pedagang omsetnya bisa mencapai Rp5 juta lebih per harinya. Ini dilihat dari jenis makanan yang dijualnya seperti sambal, pecal dan jenis makanan lainnya.

“Kita lihat dari jenis dagangannya dulu, omsetnya bervariasi, mulai dari Rp. 500 hingga Rp. 5 juta, tapi sekali lagi tergantung apa jenis dagangannya,” tutup Dedi.***

Kategori Ekonomi dan Bisnis

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.