Tutorial Membuat Ramuan Daun Sungkai ala Hesti Haris

Penulis : Tim Liputan || Editor : Redaksi

INFOJAMBI.COM – Ramuan daun sungkai dipercaya bisa meningkatkan imunitas tubuh. Bahkan, sejak dulu, warga di Merangin menjadikan ramuan daun sungkai sebagai obat flu dan demam ringan. Mau tahu cara membuat ramuan daun sungkai?

Hesnidar atau biasa disapa Hesti, istri Bupati Merangin Al Haris, meluncurkan tutorial cara membuat ramuan daun sungkai untuk kesehatan. Video tutorial itu bisa ditonton di channel youtube Wo Haris dengan judul “Tutorial Membuat Ramuan Daun Sungkai | Hesti Haris”.

Di video itu, Hesti mengajarkan bagaimana proses pembuatan ramuan daun sungkai dari awal hingga akhir secara bertahap. Berikut tahapannya :

1. Tahap awal

Pilih daun sungkai muda dan segar, karena jenis daun ini yang bagus dan berkhasiat tinggi untuk dikonsumsi.

Komposisi, 7 helai daun untuk 1 gelas.

2. Proses

Proses pertama adalah mencuci daun agar steril. Lalu, daun dimasukkan dalam wadah seperti panci dan sejenisnya, kemudian dicampur air dengan takaran 2 gelas ukuran sedang.

Setelah itu, direbus hingga air menyusut sampai takaran 1 gelas.

Lalu ditiris atau disaring.

3. Penyajian

Setelah ramuan daun sungkai jadi, bisa ditambahkan madu dengan takaran 2 sendok makan.

Dinginkan hingga suam-suam kuku, lalu siap diminum.

Berikut video tutorial membuat ramuan daun sungkai :

Menurut Hesti Haris, ramuan daun sungkai cocok dikonsumsi beberapa kali dalam satu hari untuk menjaga imunitas tubuh.

“Pasien positif covid-19 yang dirawat di RSUD Merangin, semuanya kami kasih ramuan daun sungkai,” ungkap Hesti.

Untuk diketahui, pasien covid-19 di RSUD Kolonel Abundjani Merangin semuanya dinyatakan sembuh. Bahkan, Kabupaten Merangin sempat dinyatakan salah satu daerah yang masuk zona hijau Covid-19 dan mendapat penghargaan dari pemerintah RI.

Sementara, untuk ramuan daun sungkai, baru-baru ini sudah diteliti di laboratorium Universitas Jambi. Hasilnya, ramuan ini mengandung unsur Antiinflamasi yang berfungsi meredakan peradangan dan memperkuat imun tubuh.

Bupati Merangin Al Haris mengaku cukup puas dengan hasil uji lab ramuan daun sungkai yang dilakukan Universitas Jambi. Meski belum diketahui pasti khasiat ramuan ini manjur atau tidak untuk obat Covid-19, namun Haris berharap pihak berwenang bisa melakukan penelitian lanjutan untuk memperdalam kandungan ramuan daun Sungai Merangin.

“Potensi-potensi obat Covid-19 sangat perlu diteliti dengan cepat. Supaya wabah ini bisa kita berantas dengan cepat pula,” ungkap Al Haris, Calon Gubernur Jambi yang berpasangan dengan Abdullah Sani ini.

Hasil implementasi ramuan daun sungkai, tambah Haris, menunjukkan efek positif bagi pasien Covid-19 di Kabupaten Merangin.

“Karena efeknya positif hingga membuat Merangin jadi zona hijau Covid-19, kami rasa penelitian lanjutan ramuan daun sungkai sangat perlu dilakukan,” tutupnya. ***

Kategori Kesehatan

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.