Umat Budha Jambi Kutuk Aksi Kelompok Militer Myanmar

Penggalangan dana untuk umat muslim Rohingya.

INFOJAMBI.COM — Umat Buddha di Jambi mengecam keras tragedi kemanusiaan yang terjadi di Rakhine, Myanmar, oleh kelompok militer negara itu.

Mereka mengutuk dan mengecam segala tindak kekerasan kemanusiaan yang menimpa masyarakat muslim Rohingya di Rakhine. Sebagai wujud kepedulian, umat Budha di Jambi melakukan aksi penggalangan dana, di Perempatan Jelutung, Kota Jambi, Rabu (6/9).

“Ini salah satu upaya menjalin persahabatan, persaudaraan dan solidaritas terhadap masyarakat di Rohingya, yang saat ini mendapat musibah besar. Ini tidak hanya secara normatif saja, tapi secara kemanusiaan benar-benar peduli nasib masyarakat Rohingya di Myanmar,” ujar Budhiharto Setiawan, juru bicara masyarakat Budhis Jambi.

Budhi menegaskan, mereka menolak dengan tegas jika ada pihak yang mengatasnamakan umat Budha. Tidak dibenarkan pemimpin umat Budha mendukung tindakan kekerasan terhadap etnis Rohingya di Myanmar. Ajaran Budha selalu menjunjung tinggi kerukunan dan kedamaian.

“Cinta kasih itu yang diutamakan. Segala sesuatu disikapi dengan cinta kasih. Cinta kasih dikembangkan, bukan saja kepada manusia, tapi juga pada hewan dan tumbuhan,” kata Budhi.

Budhi berharap pemerintah Indonesia mengambil sikap untuk membantu menyelesaikan masalah besar yang sedang terjadi di Myanmar. Dia rharap musibah krisis kemanusiaan yang dialami masyarakat Rohingya segera berakhir.

“Kami mendudukng segala tindakan pemerintah Indonesia dalam upaya menyelesaikan masalah yang terjadi di Myanmar,” tandas Budhi. (Dicky – Jambi)

 

Kategori Agama

Tags: ,,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.