Universitas Negeri Padang Gelar Sosialisasi dan Workshop PDS

PENULIS : MURSYID YUSMAR
EDITOR : KARA ATHALLA MUNTAZHAR

Ketua Tim PDS UNP, Prof. Dr. Festiyed, M.S

INFOJAMBI.COM – Universitas Negeri Padang (UNP) gelar sosialisasi dan workshop Penugasan Dosen ke Sekolah (PDS) di Kampus UNP, Air Tawar, Rabu (3/7) kemaren. Program ini akan berlansung dari bulan Juli hingga Nopember 2019.

Sebelum sosialisasi Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph. D menerima Dr. Nofrion (Anggota Tim Hibah PDS UNP) yang akan berangkat mengikuti Bimtek PDS ke Surabaya.

Rektor mengatakan, Hibah ini harus bisa menjadi jembatan bagi UNP untuk menerapkan hasil-hasil penelitian terbaru terutama di bidang pendidikan ke sekolah-sekolah di Sumatra Barat.

Sementara Wakil Rektor 1 UNP, Prof. Yunia Wardi mengapresiasi tim hibah PDS UNP dan berharap agar kolaborasi yang sudah terbina antara dosen dan guru selama ini dapat ditingkatkan pada masa datang.

Ketua Tim PDS UNP, Prof. Dr. Festiyed, M.S mengatakan, Program PDS Universitas Negeri tahun 2019 diluncurkan oleh Kemenristekdikti, Direktorat Pembelajaran.

“Untuk tahun 2019 ini UNP salah satu dari 73 LPTK yang dapat kepercayaan dari Kemenristek Dikti untuk melaksanakan PDS ini,” ujar Master Fisika dari ITB Bandung ini.

Melalui PDS ini, jelas Festiyed LPTK sebagai pusat pengembangan keilmuan dan riset kependidikan bisa menerapkan hasil riset dan temuan-temuan terbaru di bidang pendidikan (novelty) di sekolah melalui suatu kerangka program dan kerja sama yang saling memberi manfaat.

“Program PDS tahun ini lanjutan tahun 2018, khusus untuk dosen kependidikan di SD, SMP dan SMA dilaksanakan di sekolah dan tahun ini 2019 dilaksanakan di LPTK Fakultas MIPA, FIS dan FT, SMA serta SLB,” papar Doktor dari UNP ini.

Selanjutnya Festiyed mengatakan, capaian Program PDS diharapkan menghasilkan perangkat pembelajaran kolaboratif antara dosen dengan guru di sekolah. Salah satunya video model pembelajaran dan artikel yang diterbitkan pada jurnal ber ISBN atau internasional.

“Kita berharap bisa menciptakan pembelajaran yang bermutu dengan indikator, terciptanya iklim pembelajaran yang semakin baik. Perangkat pembelajaran semakin berkualitas,” ucap profesor pertama di FMIFA UNP ini.

Para dosen dari nonkependidikan juga dilibatkan diantaranya Prof. Dr. Minda Azhar, MSi dan Dr. Erianjini, MSi sedangkan dosen kependidikan Prof. Dr. Megaiswari, M.Pd, Dr. Desnita, M.Si, Dr. Nofrion, M.Pd, Dr, Junaidi, M.Pd, dosen SLB,Johandri Taufan, MPd, dosen FT, Dr. Nurhasan Syah, M.Pd.

Dalam acara itu hadir Drs. Nukman, MSi (Kepala Sekolah SMAN I Padang), Abinul Hakim, S.Pd. M.Si (Sekolah SMAN 3 Padang) dan Rafmateti, S.Pd (Kepala Sekolah SLBN2 Padang).

Kategori Pendidikan

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.