Jumat, 28 Juli 2017 | 19:48

UNJA Sosialisasikan Pertumbuhan Ekonomi di Merangin

Sosialisasi pertumbuhan ekonomi yang berkualitas di Kabupaten Merangin || teguh
Sosialisasi pertumbuhan ekonomi yang berkualitas di Kabupaten Merangin || teguh

BANGKO – Tim Pengabdian Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jambi (UNJA), menggelar sosialisasi pertumbuhan ekonomi yang berkualitas, berkesinambungan dan berkeadilan dalam porspektif pembangunan wilayah Kabupaten Merangin, di aula kantor Bupati Merangin, Kamis (17/11).

Bupati Merangin diwakili Asisten I Setda, H Junaidi, menegaskan, perlunya merumuskan konsep pertumbuhan ekonomi yang berkualitas.

“Pertumuhan ekonomi itu, akan sangat membantu mengurangi kemiskinan dan pengangguran, meningkatkan pendapatan perkapita, mengurangi kerusakan lingkungan dan meningkatkan pemberdayaan ekonomi rakyat, ujar H Junaidi.

Pertumbuhan inklusif menciptakan itu menurut H Junaidi, adanya perubahan stuktur ekonomi yang kokoh dan berbasis pada ekonomi kemasyarakatan.

H Zulgani selaku pembicara, menegaskan, Intisari dari proses pembangunan ekonomi pada dasarnya adalah pertumbuhan ekonomi. Proses pembangunan itu, tidak lain adalah kesejahteraan masyarakat.

Pertumbuhan ekonomi, merupakan peningkatan nilai tambah barang dan jasa yang dihasilkan oleh suatu perekonomian salama periode tertentu, dapat dlihat dalam kurun waktu setahun, ungkap H Zulgani.

Untuk mencapai tujuan pembangunan itu lanjutnya, dibutuhkan pembangunan ekonomi, salah satu keberhasilannya, diukur dengan pencapaian pertumbuhan ekonomi.

“Masih banyak indikator lain, namun bagaimanapun pertumbuhan ekonomi, tetaplah sesuatu yang sangat dominan dalam mengukur keberhasilan pembangunan ekonomi,” kata H Zulgani.

Manfaat pertumbuhan ekonomi itu sambungnya, dapat diketahui pada dentifikasi leading sektor sekaligus engine of growth yang mendorong dan menyebabkan terjadinya pertumbuhan ekonomi.

Tapi, juga harus ada alat pembanding tingkat kemajuannya, sebagai indikator kemajuan pembangunan ekonomi dalam periode tertentu. (infojambi.com/A)

Laporan : Teguh

 

Kategori Pendidikan dan Iptek

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.