Rabu, 14 November 2018 | 18:33

Unja Sukses Laksakan Bimtek Anggota DPRD Tanjab Timur

Laporan Tim Liputan

Peserta Bimtek Pimpinan dan Anggota DPDR Tanjung Jabung Timur.

INFOJAMBI.COM – Universitas Jambi (Unja) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, sukses menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada Pimpinan dan anggota DPRD Tanjung Jabung Timur.

Bimtek mengangkat tema “Optimalisasi Peran DPRD Dalam Perencanaan dan Evaluasi Kinerja Pemerintah Daerah”, berlangsung 16 hingga 19 Oktober 2018, di salah satu hotel berbintang di Kota Jambi.

Rektor Unja, Prof. H. Johni Najwan, S.H., M.H., Ph.D selaku pemateri sekaligus membuka acara bimtek ini, mengharapkan, agar kegiatan ini dapat meningkatkan kinerja pimpinan dan anggota DPRD, khususnya dalam menjalankan fungsi dari anggota DPRD yaitu Legislasi (Legislation), Pengawasan (Controling), dan Anggaran (Budgeting).

Prof. H. Johni Najwan, mengingatkan, agar anggota DPRD sebisa mungkin menjauhi perilaku tindak pidana korupsi, seperti yang terjadi baru-baru ini, menjerat beberapa anggota DPRD dibeberapa daerah di Indonesia.

Pemateri kedua dilanjutkan Dr. Drs. Thomas Umbu Pati TB, M.Si, seorang praktisi staf ahli otonomi khusus papua dari Kementerian Dalam Negeri RI. Beliau memaparkan materi tentang Penyusunan Pokok-pokok pikiran DPRD, berdasarkan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017.

Dalam materinya, beliau mengingatkan kepada anggota dewan, agar memanfaatkan waktu reses untuk dapat optimal dalam menghimpun aspirasi dari masyarakat, khususnya di masing-masing dapil.

Acara dilanjutkan esok hari (18 Oktober 2018) dan akan diisi 2 pemateri, yaitu materi pertama akan diisi oleh H. Iskandar Nasution (

Materi lainnya, menyangkut Tata Cara Penyusunan Rekomendasi DPRD terhadap LKPJ Pemerintahan Daerah, dipaparkan H.Iskandar Nasution, dan materi berikutnya akan diisi oleh Mochammad Farisi, S.H., LL.M (Public Speaking).-

Editor : M Asrori S


Kategori Pendidikan

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.