Virus Corona Makin Seram, Sejumlah Instansi Batalkan Donor Darah

Penulis : M Asrori S || Editor : Doddi Irawan

INFOJAMBI.COM — Merebaknya virus corona (Covid-19) termasuk di Jambi, berdampak pada kegiatan donor darah.

Sejumlah instansi pemerintah dan swasta membatalkan kegiatan donor darah. Padahal mereka sudah mengkonfirmasi rencana donor darah jauh-jauh hari sebelumnya.

Staf Koordinator Kegiatan Donor Darah Mobile Unit, M Haviz Kurniawan mengakui ada sejumlah instansi yang membatalkan kegiatan donor darah.

Instansi yang membatalkan diantaranya Dinas Kehutanan Provinsi Jambi, Sekolah Luar Biasa (SLB) Jambi, Polda Jambi, STIKES Bunda dan PT Enseval.

“Konfirmasi pembatalan itu disampaikan melalui telepon maupun media sosial, whatsapp dan sebagainya,” ujar Haviz, Selasa (17/3/2020).

Pengurus Pusat Palang Merah Indonesia (PMI) Bidang Unit Donor Darah (UDD), dr Linda Lukitari Waseso, menghimbau jajaran PMI di seluruh Indonesia tetap melaksanakan donor darah melalui mobile unit (MU), di kantor-kantor pemerintah dan swasta.

Komitmen ini sebagi langkah mempertahankan stok darah di setiap kantor UDD PMI di seluruh Indonesia.

Pernyataan resmi itu tertuang dalam surat Pengurus Pusat PMI nomor 0312/UDD/III/2020 tertanggal 5 Maret 2020.

Beberapa upaya dilakukan petugas di lapangan, seperti mensosialisasikan bahwa pendonor orang yang sehat.

Jika pendonor memiliki riwayat berpergian ke luar negeri, dianjurkan tidak berdonor selama 2 – 4 minggu, atau masa inkubasi Covid 19.

Selanjutnya melakukan sosialiasi ke masyarakat, agar meningkatkan kualitas kesehatan dengan gerakan PHBS. Kemudian melakukan konsolidasi di tingkat regional dan subregional jika terjadi gangguan stok darah.

Staf Bagian Menjamin Mutu Darah UTD PMI Kota Jambhi, dr Refy Octharina menambahkan, berdonor darah tidak menyembabkan penularan virus corona.

“Jangan takut berdonor darah. Donor darah tidak menularkan Covid-19. Banyak pasien di rumah sakit tetap membutuhkan darah untuk tindakan medis. Bagi yang sudah saatnya berdonor, ditunggu di UTD PMI terdekat,” imbau Refy. ***

Kategori Kesehatan

Tags: ,,,,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.