Visi Misi H Al Haris Semakin Dirasakan

PENULIS : TIM LIPUTAN
EDITOR : WAHYU NUGROHO

INFOJAMBI.COM – Visi misi Bupati Merangin H Al Haris, semakin dirasakan oleh masyarakat. Sekarang ini masyarakat kian berlomba-lomba menggarap lahan perkarangan rumah dan lahan tidur untuk pertanian.

Di Desa Rawa Jaya Kecamatan Pamenang Selatan misalnya, pada Kamis (1/12/2019) masyarakat beramai-ramai menanam jagung di sela-sela lahan replanting sawit  yang tengah dilakukan.

‘’Saya telah canangkan penanaman jagung serentak di lahan replanting sawit ini, sehingga masyarakat kini beramai-ramai turun mengelola lahan pertaniannya untuk menanam jagung,’’ ujar Bupati.

Mengapa masyarakat mau menanam jagung? Dijelaskan bupati, sekarang ini Pemkab Merangin telah menjalin kerjasama dengan PT Agrotani Makmur Lestari Payokumbuh Sumbar (PT AMAL).

Menariknya terang bupati, belum lagi jagung yang ditanam warga itu tumbuh, tapi hasilnya sudah ada pihak yang akan membeli yaitu PT AMAL. Berapapun banyaknya hasil panen jagung masyarakat, akan dibeli oleh PT AMAL.

Menariknya lagi tegas bupati, harga yang ditawarkan juga cukup tinggi Rp 3.500,- perkilogramnya harga ditempat. Untuk satu hektar warga bisa menghasilkan panen jagung sebanyak lima ton.

‘’Dalam satu hektar warga bisa menghasilkan uang sebanyak Rp 17,5 juta. Jika dikolkulasinya dalam setiap bulannya masyarakat yang menanam jagung bisa tergaji sebesar Rp 5 juta,’’terang Bupati.

Jadi lanjut bupati, tidak ada alasan lagi bagi masyarakat untuk tidak menggarap lahan perkarangan rumah dan lahan tidurnya atau pun di sela-sela lahan replanting sawit untuk menanam jagung.

Sementara itu menurut Direktur Utama PT AMAL Doni Mulyadi, dalam sehari perusahaannya membutuhkan jagung sebanyak 1.000 ton. Banyaknya kebutuhan jagung itu, untuk dioleh menjadi pakan ayam.

‘’Jadi jangan cemas, berapa banyak hasil panen jagung masyarakat akan kami beli. Kami juga sudah menjalin kerjasama dengan perusahaan lain untuk membuka peternakan ayam secara besar-besaran,’’ terang Doni Mulyadi. (TGH)

Kategori Merangin

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.