Wabup Hilallatil Badri Pimpin Apel Gabungan Siaga Karhutla

Penulis : Rudi || Editor : Redaksi

INFOJAMBI.COM – Wakil Bupati Sarolangun, H Hilallatil Badri, memimpin Apel Siaga Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), di lapangan Gunung Kembang, perkantoran Bupati Sarolangun, Rabu (5/8/2020). Selain apel siaga, kegiatan itu juga diselingi dengan simulasi siaga bencana Karhutla.

Apel Siaga juga dihadiri Sekda Sarolangun Endang Abdul Naser, Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Tomi Radya Lubis, perwakilan Polres Sarolangun, Kejari Sarolangun, Asisten II Dedy Hendri, Kepala BPBD Sarolangun Trianto, para kepala OPD, para relawan Destana, MPA, KTPA dan PMI.

Wakil Bupati Sarolangun Hilallatil Badri mengatakan, apel siaga karhutla tersebut sedikitnya diikuti 200 orang terdiri dari TNI, Polri, BPBD, Manggala Agni, Damkar, KPHP dan PMI. 

“Apel yang kita laksanakan ini menyikapi kondisi alam, bagaimana beberapa waktu lalu kita diundang Presiden, bahwa diprediksi kita akan mengalami kemarau cukup panjang dan tingkat panasnya lebih tinggi, oleh sebab itu menghadapi bencana ini kita lebih waspada lagi,” katanya.

Pada kesempatan itu, Wabup Hilal juga mengimbau masyarakat Sarolangun tidak melakukan pembukaan lahan perkebunan atau pertanian dengan cara membakar.

“Sebagaimana aturan undang-undang yang berlaku, bahwa tidak boleh melakukan pembakaran hutan, dan siapapun yang melakukan berarti melanggar aturan dan ada sanksi hukum, tadi dalam sambutan saya juga tegaskan bahwa kita tidak main main dalam penanganan karhutla,” katanya.

Sementara itu, Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Tomi Radya Lubis menyebutkan bahwa bencana karhutla merupakan tanggung jawab semua pihak, baik itu pemerintah, masyarakat, pihak perusahaan dan TNI/Polri.

“Dalam penangan karhutla bukan hanya jadi tanggung jawab pemerintah ataupun aparat, tetapi kita semua. Karna membuka lahan dengan membakar sangat beresiko tidak hanya lahan yang dibakar tetapi juga akan berdampak kepada lahan lainnya. Untuk itu saat ini kita selalu lakukan sosialisasi kepada masyarakat, perusahaan agar bisa bersinergi dalam mencegah terjadinya karhutla,” tandasnya. ***

Kategori Sarolangun

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.