Wabup Tanjabtim Sebut PT Kasuari Tidak Peduli Kebakaran Hutan dan Lahan

PENULIS : RIFKY RHOMADONI
EDITOR : DODDI

Robby Nahliansyah

INFOJAMBI.COM – Kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Jambi sudah sangat mengkhawatirkan. Kebakaran terparah terjadi di Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan Muarojambi.

Dalam rapat koordinasi terbatas penanganan kebakaran hutan dan lahan, di auditorium rumah dinas Gubernur Jambi, Kamis lalu, Wakil Bupati Tanjung Jabung Timur, Robby Nahliansyah, membeberkan permasalahan yang mereka hadapi.

Salah satunya, ada perusahaan yang tidak peduli pada kebakaran hutan dan lahan di sekitar wilayah kerjanya. Perusahaan itu adalah PT Kasuari.

Robby mengungkapkan, perusahaan tersebut hanya menangani kebakaran yang terjadi di lahannya saja. Tidak peduli pada kebakaran lahan yang terjadi di luar kawasannya.

Tragisnya lagi, perusahaan itu bahkan tidak mau meminjamkan alat pemadam kebakaran yang mereka miliki, untuk memadamkan api di sekitar wilayah operasinya.

“Dandim dan kapolres menghubungi mereka tidak bisa. Saya pun menghubungi tidak ada respon,” tandas Robby kesal.

Robby minta kebijakan Gubernur Jambi selaku pimpinan tertinggi di Provinsi Jambi untuk menindak PT Kasuari tersebut.

Robby mengakui, Tim Satgas Karhutla Provinsi Jambi bersama  masyarakat sudah berupaya keras memadamkan api.

“Sejumlah perusahaan juga ikut membantu. Hanya PT Kasuari yang tidak peduli,” ujar Robby.

Danrem 042 Garuda Putih, Kolonel Arh Elphis Rudy, mengaku banyak kendala di lapangan dalam memadamkan api, terutama sarana dan prasarana.

Gubernur Jambi, H. Fachrori Umar, akan memanggil seluruh perusahaan dan pemerintah daerah untuk membahas penanganan kebakaran hutan dan lahan ini. ***

Kategori Lensa

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.