Wabup Tanjabtim Sidak, Sejumlah Masalah Terungkap

Wabup Tanjabtim sidang || foto : willy bronson

MUARASABAK – Wakil Bupati Tanjung Jabung Timur, H Robby Nahliyansyah, tiba-tiba melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah Organisasi Perangkat Daerah, Senin (5/6).
Sejumlah ASN dan honorer kedapatan tidak masuk kerja tanpa keterangan.

Padahal, keringanan jam kerja selama Ramadhan sudah diberlakukan sebagaimana mestinya. Karuan saja hal itu membuat Wabup berang. Ia berjanji menindak tegas ASN tak disiplin.

Sidak pertama ke Dinas Pendidikan. Satu per satu ASN dan honorer diabsen. Di OPD ini kedapatan 11 ASN tanpa keterangan.


Dalam sidak yang diikuti Asisten II dan III tersebut mengemuka fakta, di Dinas PU Tanjabtim jumlah honorer jauh lebih banyak daripada ASN. Honorer di OPD ini ada 66 orang, sementara ASN hanya 55 orang.

Selain itu juga mencuat fakta masih semrawutnya distribusi ASN di sejumlah OPD. Seperti terjadi di Badan Penyuluh, masih sangat kekurangan staf ASN. Sejumlah kepala seksi hanya dibantu para honorer, tanpa staf ASN.

Wabup dengan tegas minta Badan Kepegawaian Pengembangan SDM Daerah menata ulang distribusi staf. Tujuannya agar regenerasi berjalan dengan baik.

Wabup juga menyoroti pengaturan beban kerja di sejumlah OPD. Penugasan honorer yang over kapasitas dikhawatirkan jadi penyebab ASN tidak produktif.

“Honorer harusnya hanya bersifat membantu, apalagi upah yang diterima honorer jauh di bawah penghasilan seorang ASN,” tandas Robby.

Melihat tingginya beban tugas honorer, Wabup Robby memerintahkan agar laptop kerja seorang honorer di Badan Penyuluh ditukar baru. Pemkab Tanjabtim akan terus memantau disiplin aparatur, terutama saat bulan Ramadhan dan Idul Fitri. (infojambi.com)

Laporan : Willy Bronson

 

Kategori Politik

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.